15 SD di Bone Nikmati Bantuan Program Takola Kemendikbud, Tahun Ini 60 Sekolah Disurvei

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Sejumlah sekolah di berberapa daerah telah menerima program Tata Kelola Sekolah Dasar (Takola SD) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI).

Kemendikbud RI melalui program Takola SD terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur pendidikan.

Sanitasi SDN 14 Biru

Di Kabupaten Bone, sebanyak 15 Sekolah Dasar yang tersebar di sejumlah Kecamatan telah tersentuh program Takola. Pada program tersebut, terdapat bantuan untuk perbaikan ruangan kelas, sanitasi, dan kantin.

“Tahun 2018, ada 15 SD tersentuh program Takola SD. Sebanyak 9 perpustakaan, 4 rehab kelas, 1 kantin dan 1 sanitasi. Semua sudah selesai,” kata Ketua Tim Teknis Takola SD Kabupaten Bone, H Amir, Kamis (31/1/2019).

Tak hanya perpustakaan, kantin sekolah juga jadi sasaran program ini.

Adapun program Takola SD tahun 2019, Amir belum bisa memastikan berapa sekolah yang bakal terima bantuan. Walau demikian, Timnya tetap melakukan survei dan mengusulkan sekolah yang membutuhkan bantuan. Soal penentuan sekolah yang terima bantuan disebutnya ditentukan oleh Kemendikbud.

“Terkadang kami tim sudah turun lapangan survei dan kirim foto tapi yang kami harapkan dapat ternyata meleset. Kalau direktorat sudah menetukan, kami tidak bisa alihkan ke yang lain karena pelaporan nya online,” katanya.

Baca Juga :   Ribuan Guru Mengaji dan Pegawai Syara Terima Insentif
Perpustakaan SDN 58 Ulo

Sejauh ini, masih lanjut Amir, untuk tahun 2019, timnya tetap mengusulkan sekolah calon penerima bantuan program Takola. Hingga saat ini, disebutnya sudah 60 SD disurvei.

Reporter: Abustan