Fokus

Latar Belakang Pendidikan SMA Terbanyak Pengguna Narkoba

462
0

fajarpendidikan.co.id – Berdasarkan data yang dirilis BNNP Sulsel sepanjang tahun 2016, terungkap bahwa latar belakang pendidikan pengguna narkoba yang terbanyak adalah SMA, 37,35 persen. Kemudian SMP 33,46 persen; SD 13,14 persen; tidak tamat SD 7,20 persen; S1 6,89 persen; D3 2,75 persen. Bahkan, ada S2 0,21 persen.

“Jika dilihat pengguna narkoba yang direhabilitasi berdasarkan latar belakang pendidikan, maka sepertinya tidak berpengaruh dengan rendahnya tingkat pendidikan, bahkan sebaliknya. Hal ini menandakan bahwa pendidikan tentang bahaya narkoba perlu di sekolah,” tutur Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP Sulsel, M Sudarianto SKM MKes saat ditemui di kantornya, 17 Februari 2017.

Dia menekankan, dengan melihat data tersebut, jika tidak dapat mengendalikan peredaran narkoba, maka dapat melemahkan produktivitas negara. Sebab yang disasar sesuai data tersebut, adalah golongan umur produktif. (Baca selengkapnya di FAJAR PENDIDIKAN  versi cetak edisi 261/16-28 Februari 2017).

Ilustrasi [Fajar Pendidikan]

Penulis: Syachrul Arsyad

Komentar

Motivasi Gubernur Sulsel ini dalam rangka membuka kegiatan Masa pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA-/SMK yang dilaksanakan serentak se-Sulsel. Kegiatan ini mengusung tema, “Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Berlandaskan Kearifan Lokal”.
Fokus
Disdik Sulsel Bakal Lakukan Pemetaan Narkoba (Bagian 1)
Tabloid Fajar Pendidikan Edisi 261 [16-28 Februari 2017]
Fokus
Cegah Penyalahgunaan Narkoba Lewat Pendidikan
Dra Andi Hayati MSi
Fokus
UPT Pendidikan SMA Provinsi Sulawesi Selatan Berbenah. Apa yang Berubah?