Fokus

Cegah Penyalahgunaan Narkoba Lewat Pendidikan

374
0

fajarpendidikan.co.id – Berdasarkan penelitian yang dilakukan BNNP Sulsel, ada sekitar 130.000 pengguna narkoba di Sulsel. Namun yang berhasil direhabilitasi 1196 orang.

Baca: Masyarakat Sulsel Masih Rentan Terpengaruh Penyalahgunaan Narkoba

Memprihatinkannya, berdasarkan kelompok umur yang mengikuti program rehabilitasi melalui BNNP Sulsel pada 2016, terbanyak pada kelompok usia remaja.

Baca: Pengguna Narkoba di Sulsel Didominasi Remaja

Jika ditinjau dari segi latar belakang pendidikan, jenjang SMA merupakan pengguna terbanyak.

Baca: Latar Belakang Pendidikan SMA Terbanyak Penggunga Narkoba

Dari rentetan data BNNP Sulsel yang memperlihatkan banyaknya pengguna narkoba, tentu semua pihak ingin keluar dari pusaran tersebut. Terutama orang tua yang cemas dengan masa depan anak-anak mereka.

M Sudarianto SKM MKes.

Menurut Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP Sulsel, M Sudarianto SKM MKes, pencegahan penyalahgunaan narkoba harus dimulai dari pendidikan. Hal ini melihat data yang ada, menunjukkan bahwa hampir di setiap jenjang pendidikan, semua oknum personal maupun kelompok rentan menyalahgunakan narkoba.

“Memang perlu pendidikan khusus untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba. Di institusi pendidikan, khususnya sekolah, materi narkoba harus diintegrasikan ke dalam kurikulum. Bahaya narkoba harus masuk ke dalam kurikulum dan diajarkan,” tegas Sudarianto.

Khusus di Sulsel, katanya, pada 2015 BNNP Sulsel bersama Dinas Pendidikan Sulsel sudah melakukan perjanjian kerja sama. Setiap sekolah diimbau agar memasukkan materi bahaya narkoba di sekolah, diintegrasikan ke dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes).

“Entah sekarang masih dilaksanakan atau tidak. Tetapi kita sudah lakukan (kerja sama) itu. Kita malah sudah memberikan 100 buku (tentang bahaya narkoba) ke dinas pendidikan untuk di bagi ke perkabupaten,” ujar Sudarianto.

Dia berharap, Dinas Pendidikan Sulsel terus melaksanakan dan memfasilitasi program penanggulangan narkoba di sekolah-sekolah. (Baca selengkapnya di FAJAR PENDIDIKAN versi cetak edisi 261/16-28 Februari 2017)

Tabloid Fajar Pendidikan Edisi 261 [16-28 Februari 2017]

 

Penulis: Syachrul Arsyad

Komentar

Mendikbud Muhajdir Effendy. (Foto: /IST)
Fokus
Perpres Penguatan Pendidikan Karakter Diteken Presiden (Bagian 1)
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo
Fokus
Ini Kata Gubernur Sulsel pada Peringatan Hardiknas 2017
M Sudarianto SKM MKes.
Fokus
Pengguna Narkoba di Sulsel Didominasi Remaja