Daerah

Semangat Ba(r)ru di Perayaan HUT ke-57

354
0

fajarpendidikan.co.id – Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Barru ke-57, tinggal menghitung jam. Tepatnya, 1 Maret besok, di Alun-alun taman Colliq Pujie Kota Barru Kabupaten Barru, Sulsel.

Berbagai acara siap untuk diperagakan, mulai dari beberapa jenis seni tradisional dan budaya orang Barru yang akan ditampilkan. Di antaranya pammaseri, mappadendang, tari sere api, paggenrang, majjeka, majjujung busu dan berbagai seni tradisional dan budaya Barru lainnya.

Baca Juga: Makna Dibalik Tema HUT ke-57 Barru

Pelaksana Tugas Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh di rumah jabatannya, yang dijumpai wartawan, Selasa (28/2) mengatakan, tema HUT Barru ke-57 adalah “Teguhkan kebersamaan, berlandaskan budaya dan kearifan lokal menuju Barru yang berkualitas dan mandiri”. Tema tersebut dipilih dengan harapan untuk mendapatkan semangat baru, semangat untuk mempererat kebersamaan yang merupakan suatu upaya untuk menjadikan Barru sebagai daerah yang maju dan mandiri. “Dengan kebersamaan ini akan menjadi modal untuk membangun daerah kita,” kata Suardi.

H Suardi Saleh.

Dia menjelaskan bahwa Barru mempunyai sumber daya alam yang memadai. “Daerah kita ini memiliki keunggulan yang luar biasa, seperti infrastruktur. Kita punya pelabuhan laut, kita juga berada pada daerah yang strategis, lintasan utara selatan, lintasan poros terpadat dan lintas wisata, sehingga kami utamakan dan tingkatkan program kepariwisataan,” jelas Suardi Saleh.

Berbagai tempat wisata, seperti Bola Pitue yang selama ini tidak pernah dimanfaatkan, dan memiliki potensi kepariwisataan yang sangat baik untuk dikembangkan serta dapat dipaketkan dengan potensi wisata yang tersebar di seluruh Kabupaten Barru.

Menurutnya, selain Barru memiliki potensi sumber daya alam dan potensi kepariwisataan, Barru juga memiliki potensi sumber daya manusia. Tidak sedikit orang Barru yang sukses dan berhasil di luar Barru. Sebagaimana pada acara Kerukunan Keluarga Daerah Barru (KKDB) beberapa waktu lalu, hadir 27 profesor orang Barru yang hadir.

“Ditambah lagi para tokoh di dalam daerah Barru, apabila semua sumber daya yang Barru miliki dapat disinergikan, maka dengan sendirinya pasti Barru jauh lebih maju, sejahtera dan mandiri,” jelas H Suardi Saleh.

 

Penulis: Abdul Latief

Komentar

Tagged:
Penandantanganan MoU pemerintah Kab. Bone dengan LAN
Daerah
Bupati Bone MoU dengan LAN RI
IMG_6723
Daerah
Kembangkan Kualitas Menajemen Organisasi, FORPIS Bone Akan Gelar Ini
H. Ambo Tang
Daerah
Cegah Kerusakan Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Bone Lakukan Ini di Kampus dan Sekolah