Daerah

32.107 Peserta BPJS Kesehatan Watampone Dihentikan Layanan Kesehatannya, Ini Penyebabnya

328
0
Ilustrasi-BPJSKesehatan

Ilustrasi-BPJS Kesehatan

Bone, Sulsel – Sebanyak 32.107 peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Cabang Watampone, Kabupaten Bone, wilayah kerja Bosowasi, menunggak iuran.

Karena itu, 32.107 dari total 71.471 peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/mandiri tersebut belum bisa menerima layanan kesehatan.

Kepesertaan mereka dinonaktifkan karena iuran BPJS Kesehatannya menunggak.

Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Alfian mengatakan puluhan ribu peserta mandiri atau individu yang menunggak pembayaran iuran, lebih dari 1 bulan, maka secara otomatis kepesertaannya akan dinonaktifkan (dihentikan sementara).

Baca Juga: BPJS Bone Bayarkan Klaim 25 Miliar

“Untuk aktif kembali, peserta cukup melunasi tunggakan iurannya maka otomatis akan aktif kembali,” kata Alfian kepada fajarpendidikan.co.id, Kamis (2/3).

Lebih lanjut, Ia menerangkan, terkait keterlambatan pembayaran iuran, tidak dikenakan denda secara lansung. “Tapi kalau misalnya peserta berobat dan rawat inap di Rumah Sakit dalam rentang waktu 45 hari sejak kartunya aktif kembali, maka akan dikenakan denda pelayanan sebesar 2,5% dari biaya pelayanan dikali dengan bulan menunggak,” terangnya.
Penulis: Abustan

Komentar

Tagged:
WhatsApp Image 2017-10-16 at 8.34.30 PM
Daerah
Anak Dibawah Umur Pakai Motor, Orang Tua Siap-siap Dipanggil Polisi
Pembenahan ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Bone (HJB) ke 867
Daerah
Sekolah Peninggalan Muhammad Arfah , Berdandan
Aksi Solidaritas Jurnalis Bone di Markas POM VII/3 Bone dan di Tugu Jam Watampone, Jln MH. Thamrin, Watampone, Kamis (20/4/2017).
Daerah
Jurnalis Bone Kutuk Prilaku Tak Mendidik Oknum TNI Angkatan Laut