Daerah

Kerja Profesional, Dibutuhkan Manajemen yang Baik

466
0

Pinrang, Sulsel – Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Dikpora Kabupaten Pinrang, Drs H Muslimin Habe MSi meminta jajaran di Dinas Pendidikan Kabupaten Pinrang, Sulsel, untuk bekerja secara profesional. Untuk itu, katanya, dibutuhkan sebuah manajemen yang baik.

“Ciri-ciri orang professional itu adalah setiap kegiatan apapun dan ingin melakukan apapun, itu diawali dengan sebuah manajemen. (Bagi) yang tidak punya manajemen (yang baik), pasti pekerjaannya tidak utuh, tidak terencana tidak bisa maksimal,” ujar Muslimin saat menghadiri Diseminasi Modul 3 Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Kamis-Sabtu, (23-25/2) lalu.

Dia mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan atas kerja sama UPTD Mattiro Bulu dengan USAID Prioritas Kabupaten Pinrang tersebut. Menurutnya, MBS saat ini sangat dibutuhkan dan merupakan pekerjaan rumah bagi sekolah, bukan hanya kepala sekolah.

“MBS ini jangan dipahami bahwa yang bisa memahami masalah manajemen itu hanya kepala sekolah. Tidak begitu. Kapan dan di mana pun kita berada dan diberikan suatu kepercayaan, dibutuhkan namanya suatu manajemen. Kita tidak bisa lagi masih menggunakan sistem bahwa tiba masa tiba akal,” katanya.

Pembacaan doa oleh Al Ustaz Palimari SPd MPd pada acara Diseminasi praktik yang baik Modul 3 Manejemen Berbasis Sekolah (MBS).
Foto: Nasri T

Sementara itu, Fasilitator USAID Prioritas, Nawawi Khalik SPd berharap, dari kegiatan Diseminasi Modul 3 MBS ini, banyak masukan-masukan dari peserta yang hadir untuk dibahas. Salah satunya adalah tentang cara pengelolaan budaya baca di sekolah.

“Karena membaca adalah inti dari semua. Ketika kita mau belajar apapun, maka membaca itu diperlukan. Ini juga menantang peran seorang kepala sekolah selaku top manajer di sekolah, sehingga mampu mengelola budaya baca di sekolah,” ujar Nawawi. (Baca selengkapnya di FAJAR PENDIDIKAN versi cetak edisi 262/1-15 Maret)

 

Penulis: Nasri T

Komentar

Tagged:
Pengurus OSIS MAN 3 Bone, Saat menggelar rapat persiapan, kemarin.
Daerah
Cari Generasi Berbakat, OSIS MAN 3 Akan Gelar Turnamen
WhatsApp Image 2017-09-06 at 3.32.30 PM
Daerah
Peduli Rohingya, Pelajar di Bone Gelar Doa Bersama dan Guru Sisihkan Rezekinya
Wakasek SMPN 2 Sanggalangi Satap, Zeth Patanduk
Daerah
SMPN 2 Sanggalangi Berharap Bisa UNBK Juga