Daerah

Dispora Barru Seleksi Paskibraka 2017, Ini Syarat dan Kriterianya

5248
0
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan

Ilustrasi © Copyright 2017 – PT Fajar Media Pendidikan

Barru, Sulsel — Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Barru, Sulsel, segera melakukan seleksi calon pasukan pengibar bendera (Paskibra) terhadap siswa SMA sederajat. Hal tersebut dikatakan Kepala Dispora Barru, Rahmat Djafar setelah menggelar pertemuan, Rabu (8/3).

Dia menjelaskan, seleksi tersebut dalam rangka menindaklanjuti surat Gubernur Sulawesi Selatan No.553.3/1961/Dispora. Tentang pelaksanaan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tahun 2017, untuk mempersiapkan calon peserta, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2017, di Kabupaten Barru.

Rahmat Djafar yang didampingi Kepala Bidang Pemuda dan Olah Raga (Kabidpora), Wahyudin Suyuti mengatakan, seleksi calon anggota Paskibra akan dilakukan di sekolah masing-masing. “Jadi tadi telah kita adakan pertemuan untuk membentuk tim seleksi di sekolah menengah atas dan sederajat, sekaligus seleksi Paskibraka perwakilan Kabupaten (Barru) ke tingkat Provinsi (Sulsel). Sebab kita dituntut untuk melaporkan hasilnya ke provinsi pada akhir bulan Maret ini,” jelas Rahmat.

Kabid Pora Wahyudin Suyuti, yang juga selaku Ketua Tim Seleksi Paskibraka 2017, lebih lanjut mengatakan, sesuai hasil pertemuan, pada Senin (minggu ini), tim seleksi Paskibraka Dispora Kabupaten Barru, mulai turun ke sekolah melakukan seleksi. “Kami akan seleksi calon Paskibraka sesuai kriteria yang menjadi syarat, seperti tinggi dan berat badan yang ideal, bisa baris berbaris dengan baik, mental yang baik, sehat secara lahir dan batin dan beberapa syarat lagi lainnya,” jelas Kabid Wahyudin.

Dia menambahkan, seleksi calon Paskibraka yang segera digelarnya, bukan hanya seleksi calon Paskibraka tingkat kabupaten, melainkan sekaligus akan menyeleksi untuk calon Paskibraka ke tingkat Provinsi Sulsel. “Tim kami akan merekrut sebanyak 70  calon Paskibraka tingkat kabupaten, dan empat calon Paskibraka untuk tingkat provinsi, dari calon yang betul-betul sudah memenuhi syarat sesuai kriteria yang telah ditentukan dan telah diseleksi dengan baik,” tambahnya.

Adapun syarat dan kriteria yang harus dimiliki calon Paskibraka, di antaranya pelajar SMA sedarajat; berusia 15-16 tahun; berada di bangku kelas I; tinggi badan dan berat badan untuk tingkat nasional, 175 cm dan berat badan ideal (putra), 165 cm dan berat badan ideal (putri); tingkat provinsi, putra 165 cm berat badan ideal, putri 163 berat badan ideal; mahir baris berbaris, menguasai peraturan dan perlakuan tentang bendera kebangsaan, dapat melakukan tugas pengibaran dengan baik, berkepribadian dan berahlak mulia, tegas dan tidak cacat, kaki tidak berbentuk “O” atau “X”, sehat jasad dan rohani, terutama gigi, kulit dengan surat keterangan dokter.

 

Penulis: Abdul Latief

Komentar

Tagged:
Kasubag TU Kemenag Kabupaten Bone, Sulsel, H. Muh. Sabran, S.Ag., M.Pd, (Pegang Mic) saat Kunker di Mesjid Raya Kecamatan Cina, Bone, Selasa (21/3/2017).
Daerah
Hari Ini, Kasubag TU Boyong Pegawai Kemenag Bone Kunker ke Cina
H M Amin M saat menjadi pembina upacara HKN di halaman Kantor Kemenag Bone.
Daerah
Amin: Kemenag Bone Harus Tampil jadi Teladan
Para mahasiswa KKN STIE Nobel yang tersebar di pelosok-pelosok Kelurahan/Desa menggarap tak hentinya program kerja yang telah dicanangkan.
Daerah
Tularkan Virus Kewirausahaan