Edukasi

Belajar SBMPTN Sekarang, Masih Sempat Nggak, Ya?

760
0
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan

Ilustrasi © Copyright 2017 – PT Fajar Media Pendidikan

Makassar, Sulsel — Jadwal pelaksaan seleksi masuk perguruan tinggi itu dibuka pada 11 April. Dari jadwal itu, mau nggak mau, siap gak siap, teman-teman yang sebentar lagi menyelesaikan study SMA-nya harus mempersiapkan diri menghadapi persaingan SBMPTN yang makin banyak.

Bagi kamu yang telah mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN jauh hari, masalah itu mungkin bukan jadi soal. Cuma, bagaimana dong dengan yang baru mulai belajar? Nah, perlu kamu ketahui bila persaingan masuk PTN jauh lebih sulit dari pada lulus UN, lho.

FAJAR PENDIDIKAN gambarkan sedikit perbedaan antara tingkat kesulitan soal UN dibandingkan SBMPTN, ya. Rata-rata siswa SMA yang lulus UN setiap tahun berkisar 98-99 persen. Sementara peserta yang lolos SBMPTN hanya 15-18 persen. Artinya apa? Kualitas soal SBMPTN dan UN memang sangat berbeda. Salah satu penyebab lainya juga karena adanya sistem passing grade yang jadi syarat utama kamu bisa diterima di PTN idamanmu. Beda dengan UN yang hanya mensyaratkan nilai minimun agar bisa lulus. Di SBMPTN kamu harus memperoleh nilai diatas peserta lain.

Nah, dalam waktu yang relative sempit, mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN apa masih sempat ya? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu kamu harus tahu dulu beberapa hal berikut ini. 

Kemampuan Diri

Mengetahui sejauh mana kemampuan diri sendiri sangatlah penting. Kamu akan lebih mudah memakai Motode belajar seperti apa yang cocok untuk kamu gunakan. Caranya? Salah satunya dengan mengikuti try out. Di try out kamu bisa melihat sejauh mana kamu bisa menjawab soal dengan benar. Saat try out, kekurangan kamu pada mata pelajaran bisa kamu ketahui. Bila nilai try out mu “hancur”, artinya kamu wajib belajar ekstra keras lagi.

Tentukan Pilihan

Selain mengetahui sejauh mana kemampuan dirimu, mengenal seberapa besar tantangan yang akan kamu hadapi juga wajib kamu deteksi. Salah satunya adalah keputusan memilih paket SBMPTN yang mana? Apakah Soshum, Saintek, atau Campuran Saintek dan Soshum?.

Keputusan ini akan mempengaruhi jumlah bahan materi pelajaran yang perlu kamu siapkan dan juga disesuaikan dengan sejauh mana kesiapanmu untuk menghadapi paket itu. Contonya, kamu lulusan SMA jurusan IPA dan memutuskan mengambil paket Sainstek, pastinya cenderung lebih gampang dan mungkin tidak butuh waktu belajar banyak, dibandingkan milih Soshum atau IPC (campuran saintek dan soshum). Karena tentu akan jauh lebih sulit mempelajari materi yang selama ini tidak pernah kamu pelajari di sekolah, apalagi kalau harus belajar materi Saintek sekaligus Soshum.

Cari Tahu Tingkat Persaingan Jurusan dan Universitas Incaranmu

Salah satu yang wajib kamu ketahui untuk mematangkan persiapanmu adalah mengetahui tingkat persaingan dari jurusan yang kamu incar. Misalnya saja kamu mengingikan kuliah di Jurusan Kedokteran Universitas Hasanunddin, nah jurusan ini cenderung banyak peminat.

Mereka yang juga mengincar jurusan ini tentu telah mempersiapkan diri, belajar jauh-jauh hari sebelumnya agar bisa lulus. Dalam hal ini, bagaimana kamu menyesuaikan tingkat persaingan dari jurusan yang kamu inginkan dengan kesiapanmu sejauh ini.

Naskah: Kasman

Komentar

Tagged:
Suasana persiapan Latihan tim drum band SMP Negeri 8 Watampone
Edukasi
HJB 687, SMP 8 Berlatih Wujudkan Kedisiplinan dan Kerja Tim
Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Bone, Syahbadul dan Rosnaeni saat memberikan pengetahuan lalu lintas, di TK Bhayangkari Bone, kemarin.
Edukasi
Unit Dikyasa Polres Bone Kenalkan Aturan Lalu Lintas kepada Polisi Cilik
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bone, Drs. H. M. Amin M, M.HI membuka kegiatan KSM dan AKSIOMA, Minggu (20/3).
Edukasi
Kepala Kemenag Bone Buka Kompetisi Sains