Daerah

Dinas Pendidikan Barru Gelar Pelatihan PKG

590
0

Barru, Sulsel – Dinas Pendidikan Kabupaten Barru, Sulsel, menggelar pelatihan peningkatan kompetensi guru (PKG), bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), sejak 3-9 Maret, di Aula Kantor Diknas Barru, Jl AA Bau Massepe, Kelurahan Mangempang, Barru.

Pelatihan peningkatan kompetensi guru (PKG) bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Sebanyak 80 guru di Kabupaten Barru,  mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi ini. Mereka terdiri dari dua kelas atau dua angkatan, untuk kelas bawah 40 orang, dan kelas atas 40 orang.

Di mana untuk kelas bawah, diikuti oleh dua kecamatan, yakni Kecamatan Mallusetasi dan Kecamatan Tanete Riaja. Sementara untuk kelas atas dikuti oleh Kecamatan Mallusetasi, Kecamatan Soppeng Riaja dan Kecamatan Tanete Riaja.

Menurut Rudi, salah seorang tenaga teknis Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Diknas Barru, kegiatan pelatihan UKG bidang GTK merupakan hasil UKG tahun 2015 lalu, dan telah dikembangkan hingga sekarang.

“Berhubung tahun kemarin tidak selesai tuntas, maka kita programkan lagi di tahun 2017 ini. Berhubung pelaksanaannya dengan cara tatap muka, maka mereka harus menyelesaikannya, selama 60 jam pembelajaran. Jadi kita mulai dari tanggal 3 Maret, sampai dengan tanggal 9 Maret tahun 2017,” jelas Rudi.

Sedangkan untuk tenaga instrukturnya, lanjut Rudi, diambil dari instruktur nasional yang sudah dilatih dari Kementerian Pendidikan. “Itulah yang kita berdayakan sebagai instruktur, dalam sistem pembelajaran melalui tatap muka ini,” pungkasnya.

Uji Kompetensi Guru bertujuan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Peta penguasaan kompetensi guru tersebut akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru di Kabupaten Barru.

 

Penulis: Abdul Latief

Komentar

Tagged:
Penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabupaten Barru, Sulsel.
Daerah
Rutan Barru Didominasi Kasus Narkoba
Kepala Sekolah SDN 13 Biru, Nur Hadi
Daerah
Akhirnya, SDN 13 Biru Punya Drumband Senilai Rp. 7 Juta
IMG-20170514-WA0019
Daerah
Diguyur Hujan, Gedung Rektorat dan Sokko Recca STAIN Watampone Tergenang Air