Teknologi

“Beternak” Video di Youtube

631
0
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan

Ilustrasi © Copyright 2017 – PT Fajar Media Pendidikan

Makassar, Sulsel — YouTube. Salah satu jejaring sosial di internet yang tentu sudah tak asing lagi bagi kalian. Mulai anak-anak hingga orang dewasa, semua keranjingan mengakses situs berbagi video itu.

Dari YouTube pula banyak yang menjadi bintang lho. Di Amerika, kita mengenal Justin Bieber yang kini menjelma menjadi bintang pop dunia. Di Indonesia, Raisa adalah salah satu penyanyi yang lahir dari YouTube.

Selain membuat nama meroket dan terkenal, YouTube ternyata menjadi “ladang” mengumpulkan pundi-pundi uang juga. Caranya mudah, hanya mengunggah (upload) video.

Video apa saja, terserah kamu. Mulai video cover lagu ,video tutorial yang kini marak hingga video lucu yang menghibur. PewDiePie adalah pria yang dinobatkan sebagai YouTuber, sebutan untuk orang yang gemar mengunggah video di YouTube, terkaya di dunia.

Chanel Youtube PewDiePie yang punya Subcribel 54.165.086

Chanel Youtube PewDiePie yang punya Subcribel 54.165.086 Foto: Screen Youtube

Pria asal Swedia bernama Felix Arvid Ulf Kjellberg ini tak sulit membuat video. Dia hanya mendokumentasikan kegiatannya bermain game.

Reaksi serta komentar yang lucu ternyata sangat menghibur, dan channel– nya kini telah memiliki 52 juta pelanggan. Dia pun menerima penghargaan dari Guinners World Records atas pencapaianbitu.

Kamu ingin tahu pendapatannya dari YouTube? PewDie Pie punya penghasilan tak kurang dari Rp. 83.8 Miliar.

Indonesia juga punya Youtuber yang terkenal, salah satunya Raditya Dika, yang sukses dengan serial “Malam Minggu Miko”. Video yang mulai diunggah pada agustus 2012 cukup menghibur penonton. Channel-nya kini telah memiliki 2.220.532 palanggan.

Jejak keberhasil itu pun mulai diikuti banyak orang. Percaya nggak percaya, sebagian dari mereka pun berhasil meraih kesuksesan dan menjadikan YouTube sebagai sumber mata pencaharian. YouTube membantu mereka menjadi passionpreneur!

Tetapi sebenarnya, dari mana sih asal uang para YouTuber ini? Mengingat penonton tidak membayar sama sekali untuk menonton karya mereka.

Monetizing Options

Monetizing Options dari Google/ YouTube muncul ketika YouTuber mengupload video, akan diberi pilihan untuk bisa menyalakan pilihan “Monetize” atau memonetisasi video itu. Ini artinya, kamu mengizinkan Youtube/ Google untuk menempatkan iklan di dalam videomu, dan akan mendapatkan hasil dari iklan itu, dengan pembagian 45 persen untuk YouTube dan 55 persen untukmu.

Ada tiga jenis iklan yang muncul dan dihitung sebagai sumber uang. Iklan yang muncul di awal sebelum video, yang disebut “In- Stream Ads”, di pojok kanan atas halaman browser yang disebut “Display Ads”, dan yang ada di bawah video, “Overlay Ads”. YouTube dan kamu, mendapat uang setiap ada yang melihat iklan- iklan ini.

Iklan jadi salah satu penghasilan Utama seorang Youtuber

Model Iklan. Iklan jadi salah satu penghasilan Utama seorang Youtuber

Sistem yang digunakan untuk menghitung jumlah pemasukan dari iklan ini adalah CPM, atau Cost Per Mille, artinya, nilai iklannya dibayar per 1.000 view video itu. Pengiklan akan membayar 1 dollar AS untuk setiap 1.000 view iklan itu di videomu.


Brand Deals

Memiliki subscriber dan viewer tinggi artinya kamu punya massa yang setia melihat videomu. YouTuber yang memiliki massa bisa menarik banyak potensi untuk sponsor, pengiklan luar YouTube, atau bahkan program investor ke dalam channel youtube-nya, dan ini adalah sumber pemasukan lainnya dari YouTuber.

Dengan mendapatkan sponsor, kamu bisa mendapatkan bayaran untuk menempatkan brand placement atau iklan di luar sistem Google dalam video mereka, dengan harga yang bervariasi, tergantung sepopuler apa channel, dan sedalam apa keuntungan para sponsor.


Celebrity Jobs

Salah satu yang paling keren dari YouTube adalah dia membuka kesempatan, kemungkinan, dan peluang untuk bisa langsung berhubungan dengan orang di seluruh dunia.

Dan dengan peluang ini, kamu mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan apa yang memang kamu sukai, membuka pasar, membuat video sesuai passionmu, dan membangun profesi yang memang kamu banget!. Nah, tertarik “beternak” video di YouTube?

Editor: Kasman

Komentar

Tagged:
Stand Dinas Pendidikan Barru menyemarakkan Barru Expo 2017.
Teknologi
Semarakkan Barru Expo 2017, Stand Diknas Barru Gelar Pelayanan Berbasis IT