Fokus

Editorial Tabloid Fajar Pendidikan 262: Butuh Guru

336
0
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan

Ilustrasi © Copyright 2017 – PT Fajar Media Pendidikan

Makassar, Sulsel — Tidak hanya masalah keterbatasan sarana dan prasarana, satuan pendidikan atau sekolah-sekolah di berbagai daerah juga sering terkendala masalah kekurangan guru. Keluhan tiap sekolah dengan minimnya tenaga pendidik di suatu jenjang pendidikan memang perlu mendapat perhatian pemerintah.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya Pemerintah Kota Makassar juga harus segera berbenah. Efek dari alih wewenang dengan pemerintah kabupaten/kota menjadi tantangan sekaligus tugas yang berat. Pengorganisasian tenaga pengajar tentu menjadi salah satu agenda prioritas.

Memperbaiki mutu dan layanan pendidikan tidak hanya terletak dari perkelengkapan fasilitas sekolah. Menghasilkan sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini anak didik (siswa) yang berkompeten, sangat terkait dengan adanya dukungan tenaga pengajar di sekolah.

Keberadaan guru di sekolah sangat penting dalam mengurusi penerus generasi bangsa di sekolah. Sebab, kurangnya guru membuat daerah sulit meningkatkan sumber daya manusia. Akibatnya, kesenjangan sumber daya manusia di tiap daerah semakin lebar. Di mana, bakal menyebabkan terjadinya ketimpangan di bidang pendidikan.

Tentunya, kita tidak bisa berlarut-larut dalam masalah yang itu-itu saja. Masih ada banyak agenda pendidikan lain yang perlu dituntaskan. Tidak hanya terus tenggelam dalam keluhan kurangnya tenaga guru di sekolah.

Satu hal yang perlu diperhatikan pemerintah, pendataan dan pengangkatan guru di sekolah juga harus dievaluasi kembali. Mesti ada data jumlah guru yang riil dan valid di sekolah di berbagai daerah. Dari situ, bisa dilihat apakah rasio guru dan sekolah sudah sesuai.

Jangan-jangan…sebenarnya satuan pendidikan tidak kekurangan, malah kelebihan guru? Atau besar kemungkinan pendistribusian tenaga pengajar ke berbagai sekolah di tiap daerah yang tidak merata(?)

(baca selengkapnya di FAJAR PENDIDIKAN versi cetak edisi 262/1-15 Maret 2017)

Salam dari: Redaksi

Komentar

Tagged:
Buku berjudul "Danny Pomanto, Anak Guru Jadi Wali Kota" yang ditulis Bachtiar Adnan Kusuma.
Fokus
Melalui Buku, Kisah Danny Pomanto Diharap Jadi Inspirasi
Fajar Pendidikan
Fokus
Editorial Tabloid Fajar Pendidikan Edisi April: Jadikan Pelajaran
Dra Andi Hayati MSi
Fokus
UPT Pendidikan SMA Provinsi Sulawesi Selatan Berbenah. Apa yang Berubah?