Edukasi

Alfabet Hanya Ada 26 Huruf, Yakin?

629
0
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan

Ilustrasi © Copyright 2017 – PT Fajar Media Pendidikan

Makassar, Sulsel — Di sekolah kamu diajar Alfabet hanya sampai huruf Z, kan? Namun, Alfabet pada nyatanya tidak berakhir di angka 26, lho. Masih ada alfabet nomor 27 yaitu ‘&’. Kamu bisa menyebutnya ’dan’.

Tanda ‘&’ yang sering kita pakai diberi nama Ampersand. Dulu, sekitar ribuan tahun lalu tanda ampersand pertama kali dipakai dalam grafiti pada abad ke-1 di era Pompeian, sebuah kerajaan Romawi kuno yang musnah karena bencana alam.

Nah, tanda ampersand diajarkan sebagai alfabet terakhir setelah Z. Nah, dalam Kamus Inggris kuno yang digunakan pada zaman mediaeval, huruf J dan U dianggap sama dengan I dan V. Sementara W baru muncul sebagai huruf sendiri setelah abad ke-16.

Di aksara Pompei, tanda ‘&’ merupakan gabungan dari ‘e’ dan ‘t’. Kata ‘et’ dalam bahasa latin berarti ‘dan’ atau ‘and’. Sepanjang sejarahnya tanda ini mengalami perubahan berkali-kali sehingga menjadi bentuk seperti sekarang ini.

Penggunaan ‘et; latin dulu berbeda dengan et Tironian, masa asalnya Cicero yang terkenal. Seiring berjalannya waktu, et Tironian mulai dilupakan sementara et latin masih digunakan sampai sekarang. Karena itulah & juga bisa dipakai untuk singkatan seperti &c, yang artinya ‘etc’ atau dan lain-lain.

Ampersand (&) baru ditambahkan dalam kamus pada tahun 1837. Sebelumnya, tanda ini mengalami banyak perubahan nama. Di awal kemunculannya, tanda ‘&’ disebut sebagai ‘and’ saja.

Tapi masalah muncul ketika tanda ini diajarkan di sekolah sebagai huruf ke-27. Anak-anak akan menyebut “…W, X, Y, Z, and And”. Nah, bingung ‘kan?

Orang Inggris zaman dulu akan menyebut ‘And’ sebagai ‘per se and’ yang artinya ‘And pada dirinya sendiri‘, untuk membedakan dengan And yang pertama. Cara bacanya jadi begini “…W, X, Y, Z, and per se And“. Lama-kelamaan ‘and per se and’ ini dilebur jadi ‘ampersand’.

Editor: Kasman

Komentar

Tagged:
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan
Edukasi
Waduh! Hanya 2 SMA di Bone Siap UNBK
Suasana persiapan Latihan tim drum band SMP Negeri 8 Watampone
Edukasi
HJB 687, SMP 8 Berlatih Wujudkan Kedisiplinan dan Kerja Tim
UN SMA 2017 lalu di Makassar. (dok)
Edukasi
Kembali! Kabupaten Bone Raih Nilai UN SMA Tertinggi se-Sulsel