Edukasi

Tanaman Cantik yang Mematikan

488
0
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan

Ilustrasi © Copyright 2017 – PT Fajar Media Pendidikan

Makassar, Sulsel – Apa sih narkoba atau narkotika itu? Jawabannya yaitu sejenis obat atau zat yang sebetulnya asalnya dari sebuah tanaman, dan tanaman tersebut sangat legal peredarannya. Maksudnya bukan dilarang, namun diatur secara ketat peredarannya.

Nah, jenis narkotika yang banyak menimbulkan dampak negatif, pada dasarnya juga adalah obat. Obat ini banyak digunakan dokter dalam dunia medis. Namun banyak disalah gunakan pemakaiannya.

Opium: Bunga Cantik yang mematikan

Images: desktopimages.org

Papaver Somniferum atau Opium merupakan salah satu tanaman penghasil narkotika alami. Bunganya yang indah dengan kelopak yang berwarna-warni membuat opium tidak tampak seperti tanaman mematikan.

Opium merupakan tanaman liar yang tumbuh di pegunungan Mediterania Timur. Ia tumbuh di ketinggian 1.000 mdpl dengan habitat tanah lempung yang ber-PH tinggi. Dahulu, tentara Mesir dan tentara dataran Cina menggunakan opium sebagai obat luka dan penahan rasa sakit.

Tanaman yang memiliki tinggi 13-91 cm ini merupakan tanaman tahunan yang bertubuh tegak dengan daun berbentuk memanjang, bergerigi dan tampak bergelombang. Opium dapat dimanfaatkan mulai dari batang, biji hingga getahnya. Namun, getahnyalah yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuat kodein, heroin dan morfin. Kandungan getah tersebut berisi campuran narkotika alami alkaloid, termasuk morfin dan kodein. Morfin atau acetylated menghasilkan diacetylmorphine.

Jamur Ajaib: Psylocybin Mushroom (Magic Mushroom)

tulisantulisansatyo.wordpress.com

Images: tulisantulisansatyo.wordpress.com

Magic mushroom atau Psilocybin mushrooms adalah sejenis jamur yang tumbuh di kotoran hewan. Di alam, ada sekitar 200 spesies jamur jenis ini. Jamur ajaib ini mengandung zat aktif bernama psilosibina yang bisa menimbulkan efek halusinasi tingkat tinggi.

Orang yang mengonsumsi magic mushrom bisa mengalami efek berupa bingung, kejang, halusinasi, panik, psikosis dan ketidakmampuan membedakan fantasi dari kenyataan. Zaman dulu magic mushroom telah banyak digunakan di Amerika Tengah untuk upacara keagamaan. Suku Aztec menyebut jamur ini sebagai teonanacatl atau daging para dewa.

Khat

Images: Daily Star

Qat  atau kamu bisa menyebutnya teh arab adalah jenis tumbuhan semak atau pohon kecil yang memiliki tinggi 1,4 sampai 3,1 meter. Daunnya lebar dengan panjang 5-10 sentimeter. Bunga dihasilkan di deretan ketiak bunga yang memiliki panjang 4-9 sentimeter. Bunga khat berukuran sangat kecil, dengan lima kelopak putih. Buahnya berbentuk persegi dengan kapsul yang memiliki tiga katup, masing-masing berisi 1-3 biji.

Qat mengandung alkaloid monoamine yang disebut katinona, zat stimulan yang mirip amfetamin, yang dipercaya menimbulkan keceriaan, hilangnya nafsu makan, dan euforia.

Ganja atau Marijuana

Images: desktopimages.org

Tanaman semusim ini tingginya dapat mencapai 2 meter. Berdaun menjari dengan bunga jantan dan betina ada di tanaman berbeda (berumah dua). Bunganya kecil-kecil dalam dompolan di ujung ranting. Ganja hanya tumbuh di pegunungan tropis dengan ketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut.

Kebanyakan tanaman ini disalahgunakan dalam pembuatan narkotika. Daun dan biji ganja dapat diproduksi menjadi sebuah narkotika yang dicampur dengan makanan dan rokok.

Dampak yang ditimbulkan sangatlah berbahaya bagi kesehatan seperti kebingungan, candu, halusinasi, dan dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). (*)

 

Komentar

Tagged:
Suasana persiapan Latihan tim drum band SMP Negeri 8 Watampone
Edukasi
HJB 687, SMP 8 Berlatih Wujudkan Kedisiplinan dan Kerja Tim
Foto: Fajar Pendidikan
EdukasiStudent
Ini Alasan Tulisan Pulpen Susah Dihapus
Kepala MTs Al-Faaizun, Wahidah, S. Ag
Edukasi
Polisi Diharap Masuk Sosialisasi di MTs Al-Faaizun