Daerah

Musrenbang RKPD, Wabup Pangkep: Jangan Anggap Remeh Dokumen Perencanaan

356
0

Musrenbang RKPD 2018 tingkat Kabupaten Pangkep, Rabu (15/3).

Pangkep, Sulsel – Badan Perencanaan daerah (Bapeda) melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 tingkat Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, dengan mengangkat tema Akselerasi Pembangunan Desa dan Desa Membangun Dalam Kerangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kerakyatan, Rabu (15/3) di Ruang Pola Kantor Bupati.

Wakil Bupati Pangkep, H Syahban Sammana SH mengatakan, perencanaan dalam setiap kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintah Kabupaten Pangkep, sangat mendukung berjalannya proses kegiatan dan kebijakan pemerintah dalam pembangunan ekonomi kemasyarakatan dan infrastruktur.

“Dokumen perencanaan itu sangat penting, jangan dianggap sepele. Apalagi menyangkut visi dan misi bupati dan wakil bupati, ini harus direalisasikan. Tolong dilengkapi secepatnya demi kepentingan pemerintahan dan masyarakat
Kabupaten Pangkep,” tegas Syahban.

Musrenbang RKPD 2018 tingkat Kabupaten Pangkep, Rabu (15/3).

Dia juga mengatakan, dalam musrenbang memang banyak usulan yang masuk, akan tetapi tidak semua bisa direalisasikan. Karena harus disesuaikan dengan anggaran daerah. Tugas SKPD untuk memilah yang mana merupakan program prioritas pemerintah, terutama yang menyangkut tentang ekonomi kemasyarakatan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat Pangkep.

“Ada 12 program kebijakan bupati dan wakil bupati, ini merupakan harga mati untuk disukseskan. Salah satunya
adalah mewujudkan Desa Moderen yang berkelanjutan,” terang Syahban.

Dia juga menyinggung tentang pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pangkep, yang dari tahun ke tahun meningkat melebihi rata-rata provinsi dan nasional. Kemudian untuk Produk Domestik Regional Brotu (PDRB), dari lima kabupaten kota, Kabupaten Pangkep termasuk salah satu penyumbang pada Provinsi Sulawesi Selatan, tertinggi di antara kabupaten lainnya.

Mewakili Kepala Bapeda Provinsi, Ir Henni Andi Rajau MSi mengimbau, agar pemerintah Kabupaten Pangkep dapat mensinkronisasikan program kegiatan dengan rancangan kegiatan yang sudah dibuat untuk lima tahun ke depan. Agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Dia juga mengimbau agar Pemerintah Pangkep senantiasa berkoordinasi dan
mengintip ekonomi makro yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, untuk mengetahui seberapa tingkat serapan yang telah dicapai.

 

Penulis: Adhan

Komentar

Tagged:
Tim penghibur yang memeriahkan O2SN Makassar.
Daerah
Warna-warni O2SN Makassar, Lucu Namun Bertensi Tinggi
Seorang mahasiswi yang mengendarai motor, memotong jalur lalu melawan arah untuk masuk ke kampus UMI, Makassar, (6/4).
Daerah
Jalur Ini yang Kerap Dilanggar Mahasiswa
Murenbang Kecamatan Ulaweng, Selasa (28/2).
Daerah
Pembangunan RKB di Sekolah jadi Usulan Prioritas Musrenbang Ulaweng Bone, Ini 5 Prioritas Lainnya