Edukasi

Memanfaatkan Waktu, SBMPTN Makin Dekat

543
0

Images [www.kupasmerdeka.com]

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pada sebelumnya FAJARPENDIDIKAN.co.id telah membahas bagaimana sih mepersiapkan diri menjelang SBMPTN. Nah, pada kali ini FAJARPENDIDIKAN.co.id kembali akan memberi tahu solusi yang bisa kamu gunakan agar bisa masuk PTN favoritmu.

Waktu yang makin singkat untuk mempersiapkan diri mungkin jadi kendala. Terus, bagaimana solusinya agar bisa memanfaatkan waktu yang tersisa sebaik mungkin?

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, kamu harus tahu dulu sebanyak apa bahan materi yang akan kamu pelajari dalam waktu singkat.

Menghitung Mundur

Langka pertama adalah mengetahui seberapa besar tantangan yang harus dihadapai dalam waktu singkat. Salah satunya, bahan materi yang perlu kamu pelajari. Misalnya SBMPTN.

Nah, materi ujian yang ada pada soal SBMPTN bahannya dari kelas 10-12 SMA. Namun, mempelajari materi ujian itu dalam waktu beberapa bulan mungkin sesuatu yang sulit.

Namun, kamu tidak perlu mempelajari semua itu. Cukup memilih matapelajaran yang cocok dengan jenis tes yang akan kamu ambil (Sainstek, Soshum atau IPC).

Dan yang terpenting, telusuri lebih banyak materi. Dengan mencoba telusuri sebanyak mungkin bahan materi, kamu akan punya gambaran seberapa besar sih “tantangan” yang harus kamu taklukan. Sisanya, tinggal mengatur waktu yang tersisa agar bisa memahami atau sebagian besar materi tersebut.

Mengatur Waktu Mulai dari Sekarang

Setelah tahu berapa banyak bahan yang perlu kamu pelajari, langkah selanjutnya adalah mengetahui berapa banyak waktu yang tersisa buat mempelajari semua bahan itu.

Terlepas dari kapan kamu mulai serius belajar, ada satu hal yang perlu kamu ingat. Yap, tidak bisa ditarik mundur kembali. Jadi kapan pun waktu kamu mulai  serius belajar, apakah itu bulan Desember, Januari, Februari, atau bulan April dan Mei sekalipun.

Baca Juga: Belajar SBMPTN Sekarang, Masih Sempat Nggak, Ya?

Terimalah bahwa saat itu adalah satu-satunya waktu yang tersisa buat kamu.ingat, satu-satunya jalan adalah dengan menggunakan waktu yang tersisa sebaik-baiknya! Semakin lama kamu menunda nundah waktu dengan mengeluh ,saat itu ada ribuan saingan di luar sana lagi pada sibuk belajar buat persiapan menghadapi SBMPTN!

Jadi, mulailah atur strategi belajar yang efektif dengan waktu yang tersisa. Coba uraikan berapa hari waktu yang tersisa menjelang hari pelaksanaan ujian. Bila perlu tempel di dinding atau bikin smartphonemu buat mengingatkan setiap hari yang kamu lalui menjelang hari Ujian. “H-80, H-79, H-78… sampai H-1”. 

Hal ini akan membantumu untuk terus menghargai waktu yang tersisa. Tekankan dalam dirimu bahwa sisa waktu yang ada itu sangat berharga dan belajar untuk ujian adalah prioritas utamamu untuk beberapa bulan ke depan.

Belajar efekti dengan Waktu Singkat

Setelah kamu selessai menguraikan seluruh bahan materi yang perlu kamu pelajari dan sudah mengatur sisa waktu yang tersisa. Langka selanjutnya menyesuaikan bahan materi dan waktu yang tersisa itu dengan perencanaan yang matang. Berikut beberapa tips berikut ini bisa kamu coba:

Belajar day to day

Hal yang paling sederhana menyatukan bahan materi dan waktu yang tersisa adalah membuat perencanaan jadwal belajar yang ketat. Buatlah rencana belajar sampai sedetail-detailnya. Mulai dari hari apa, jam berapa mau belajar bahan materi apa, terus lakukan secara disiplin! Pastikan semua seluruh materi pelajaran yang perlu dipelajari dengan sisa waktu itu terjadwal dengan baik.

Buat skala prioritas

Bila kamu baru mulai belajar dari sekarang, sebaiknya kamu mempelajari sebagian besar dari bahan materi yang mungkin ditanyakan. Kamu bisa mempelajari kumpulan soal-soal SBMPTN dari tahun ke tahun.

Dengan tahu tentang perbandingan persebaran soal pada SBMPTN tahun-tahun lalu, kamu bisa membuat skala prioritas yang tepat untuk lebih fokus mempelajari topik-topik tertentu dan mengorbankan topik yang relatif jarang keluar soalnya. [KAS]

Komentar

Tagged:
Jalan masuk SD Negeri 24 Macanang, Bone.
Edukasi
Sekolah Warisan Kepsek “Kadaluarsa” di Bone Diharap Lebih Baik
Siswa SMPN 1 Nanggala, Toraja Utara, Sulsel, antusias belajar membatik.
Edukasi
Lestarikan Budaya, SMPN 1 Nanggala Ajar Siswanya Membatik
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan
Edukasi
Tanaman Cantik yang Mematikan