UNIVERSITARIA

PSW STAIN Gelar Workshop Pra Nikah, Psikolog Pesankan Ini Kepada Jomblo

208
0

Workshop pranika bagi remaja di STAIN Watampone dihadiri ratusan peserta

Bone, Sulsel – Dosen Pascasarjana IAIN Samarinda sekaligus psikolog, Dr Mujahidah, MPs memberi materi dalam Worhshop Pra Nikah Bagi Remaja di Aula Utama STAIN Watampone, Kabupaten Bone, Sulsel, Sabtu (25/3). Materi yang dipaparkannya, Mempersiapkan Keluarga Bahagia dan Berkualitas Melalui Mental dan Reproduksi yang Sehat.

Dalam materinya tersebut, Mujahidah, memberi sejumlah pesan kepada remaja yang bersatatus pra nikah (Jomblo) dan Agak Jomblo (sudah dilamar menunggu resefsi pernikahan). Diantaranya, memesankan pentingnya kekuatan mental dan kesehatan reproduksi dalam memasuki hubungan pernikahan.

“Calon pengantin harus memiliki kekuatan mental dalam memasuki hubungan pernikahan, karena harus mampu menyesuaikan dirinya dengan pasangannya kelak,” kata Mujahidah dihadapan ratusan jomblo peserta workshop yang digelar Pusat Studi Wanita (PSW) STAIN Watampone itu.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan keharusan memiliki kekuatan mental, diantaranya agar mampu menyesuaikan diri, mengelola emosi dan mengendalikan gejolak ego demi mewujudkan kebahagiaan bersama dengan sang pasangan.

Pasangan yang memiliki penyesuaian diri yang baik adalah mereka yang dengan keterbatasannya, mampu bereaksi terhadap kondisi pasangannya dengan cara yang matang, efisien, bermanfaat dan memuaskan. Dengan demikian, dapat menyesuaikan diri dengan baik.

Kriteria pasangan demikian, paling tidak karakteristiknya diantaranya, memiliki paham yang akurat terhadap kenyataan berumah tangga, mampu mengatasi kecemasan, memiliki citra diri positif, mampu mengekspresikan perasaan dengan baik, dan memiliki hubungan interpersonal yang baik.

Selain itu, kesehatan reproduksi juga berperan penting dalam keluarga yang berkualitas. “Reproduksi yang sehat dapat melahirkan keluarga dan keturunan berkualitas,” ujarnya.

Oleh karena itu, mewanti-wanti, agar alat reproduksi remaja pra nikah betul-betul dijaga kesuciannya. Hal itu diwujudkan dengan cara menjauhkan diri dari pergaulan bebas.

“(Hubungan tak jelas dan dilarang agama), gonta-ganti pasangan (pergaulan bebas) dan kumpul kebo, semua itu akan bisa berakibat fatal, merusak organ reproduksi,”sebutnya.

“Karena tidak sedikit kasus penggunaan alat reproduksi sebelum matang tuk dibuahi, hingga terjadilah kerusakan permanen dan kelak ketika berumah tangga pasangannya tidak bahagia, sulit memperoleh anak, selalu keguguran,” tutupnya.

Penulis: Abustan

Komentar

Tagged:
(Foto:Ist)
UNIVERSITARIA
Iqbal Parewangi Sampaikan Kuliah Umum di UIN
Foto bersama usai Pelepasan Peserta PPM, Ketua STAIN Watampone Prof Nuzul (tengah)Waka III Aminullah (kanan) , Pendamping PPM Ruslan(kiri), Ketua Prodi, Dosen dan Mahasiswa.
UNIVERSITARIA
Hebat, STAIN Watampone Laksanakan KKN Internasional 
IMG_2848
UNIVERSITARIA
Gelar Seminar Investasi, STIE Nobel Gandeng Pengusaha Malaysia