Edukasi

Sekolah ini Koleksi 300 Lebih Tanaman

625
0
Terapkan Konsep Green School, SD Negeri 26 Watang Palakka Punya  300-an Tanaman

Terapkan Konsep Green School, SD Negeri 26 Watang Palakka Punya 300-an Tanaman

Bone, Sulsel – Kesan pekarangan dan gedung sekolah yang seringkali identik dengan ruangan kaku dan panas, sama sekali sudah tidak terasa di sejumlah sekolah di Kabupaten Bone, Sulsel.

Salah satunya SD Negeri 26 Watang Palakka, Jalan MT Hariono, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Bone.

Sekolah yang mempunyai murid sekitar 400-an itu mengoleksi sekitar 300-an tanaman hijau. Kehadiran ratusan tanaman dengan pot dari hasil daur ulang menjadikan lingkungan sekolah nampak indah, sejuk dan asri.

Pihak sekolah yakin bila kondisi sekolah nyaman, prestasi siswanya akan ikut meningkat.

Pihak sekolah yakin bila kondisi sekolah nyaman, prestasi siswanya akan ikut meningkat.

“Banyak tanaman disini, diantaranya ada bunga angrek, kamboja, lidah mertua, bunga bahagia, kembang berdoa. Ada tanaman obat, ada cabai dan lain-lain,” ungkap salah satu Guru yang enggan disebutkan namanya, Rabu (28/3).

“Hampir 300-an tanaman dari berbagai jenis dikoleksi disini (SD Negeri 26 Watang Palakka). Guru bersama murid merawat tanaman-tanaman itu,” lanjutnya.

Kepala Sekolah SDN 26 Watang Palakka, HJ A Harnani SPd MPd saat ditemui FAJARPENDIDIKAN.co.id beberapa waktu lalu mengatakan, mengoleksi ratusan tanaman dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran seluruh elemen sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Upaya yang juga disebutnya ‘Green school’ itu dijalankannya bersinergi seluruh unsur di sekolahnya. Terlebih, kata dia, sekolah yang dipimpinnya termasuk salah satu sekolah Adiwiyata.

“Sekolah seperti itu (berwawasan lingkungan, sejuk, bersih dan sehat) membuat murid bisa belajar dengan tenang dan nyaman,” katanya.

Pot daur ulang dengan tanaman hijau menghiasi pekarangan dan dinding sekolah ini.

Pot daur ulang dengan tanaman hijau menghiasi pekarangan dan dinding sekolah ini.

Selain itu, lanjutnya, dengan sekolah yang bersuasana sejuk, bersih dan sehat menjadikan para murid dapat belajar dan diajar secara lansung memelihara lingkungan. “Pastinya murid diajar kebersihan dan memelihara lingkungan secara lansung. Itu diajarkan supaya tak hanya di sekolah tapi di rumahnya juga melakukan hal yang sama,” terangnya.

Pantauan FAJARPENDIDIKAN.co.id saat menginjakkan kaki di sekolah tersebut, nampak pot daur ulang dengan tanaman hijau menghiasi pekarangan dan dinding sekolah. Pemandangan hijau dan sejuk itu mengelilingi sebagian besar bangunan sekolah tersebut.

Penulis: Abustan

Komentar

Tagged:
SMA Negeri 3 Maros
Edukasi
SMA Negeri 3 Maros: Langganan Juara
Kantin Kejujuran di SDN 141 Lilina Ajangale, desa Ningo, Kecamatan Ulaweng, Bone
Edukasi
Yuk, Tengok Kantin Kejujuran yang Berhasil Membentuk Karakter Siswa SDN 141
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan
Edukasi
H-5 UNBK SMA/MA. Sejauh Apa Persiapan Sekolah?