Daerah

BPBD Barru Gelar Pelatihan TRC

321
0

Pelatihan tingkat dasar, dalam keselamatan dan teknik pertolongan di air, yang digelar BPBD Barru, 3-7 April.

Barru Sulsel – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barru menggelar pelatihan tingkat dasar, dalam keselamatan dan teknik pertolongan di air, 3-7 April. Kegiatan yang diselenggarakn oleh Basarnas Barru itu dilaksanakan di pantai wisata Ujung Batu, Kelurahan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel.

Beberapa calon personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barru, ikut dalam pelatihan tingkat dasar, dalam pedoman keselamatan dan teknik pertolongan di air. Serta sebagai bentuk kesiap-siagaan personil TRC BPBD dalam menghadapi kejadian bencana di air ketika menghadapi bencana banjir melanda Kabupaten Barru.

Kepala Seksi Kesiap-Siagaan BPBD Barru, Muhaemin Hasan, yang ditemui di sela pelatihan, Kamis (6/4), mengatakan, kejadian bencana banjir merupakan kejadian bencana yang rutin melanda Kabupaten Barru. Sehingga diperlukan kesiap-siagaan personil dalam hal keterampilan pertolongan dan penyelamatan di air, serta mampu mengoperasionalkan alat bantu evakuasi air dalam mengevakuasi masyarakat bilamana terjadi bencana banjir dan bencana di laut.

“Pelatihan TRC ini kami laksanakan sejak tanggal 3 April hingga 7 April besok, dengan melibatkan peserta pelatihan dari 7 kecamatan se- Kabupaten Barru. Mereka kami rekrut dengan syarat tertentu, antara lain sudah memiliki pengalaman berorganisasi yang baik, kepemudaan, pecinta alam, memiliki rasa peduli pada kondisi lingkungan dan harus bisa berenang,” jelas Muhaemin.

Muhaemin juga menambahkan, ada beberapa titik wilayah rawan bencana menjadi target renstra BPBD di Kabupaten Barru, sampai tahun 2021.

“Di antaranya yang merupakan target kami, sepanjang pesisir Kabupaten Barru, Bojo, Bojo Baru kemudian Kupa, Mallawa, Cilellang, Batu Pute, Lawallu, Siddo, Lampoko, Balusu, sampai ke arah selatan, termasuk Kota Barru, Sumpang Binangae, kemudian Tanete Rilau, Lalabata dan Pancana. Sementara target kami kea rah timur Barru, merupakan titik rawan bencana longsor, Lompo Tengah, Kading, Lompo Riaja, Ralla dan Lempang,” tambahnya.

 

Penulis: Abdul Latief

Komentar

Tagged:
WhatsApp Image 2017-09-03 at 10.04.33 AM
Daerah
Astaga!, Gara-gara Pacaran, Pemuda Ini Tikam Dua Teman Mantan Pacarnya
Buku "Anging Mammiri" yang dibedah dalam kegiatan yang digelar Dinas Perpustakaan kota Makassar. Buku ini ditulis Abdul Rasyid Idris, aktivis lembaga non pemerintah (NGO).
Daerah
Kenalkan Jejak Makassar Tempo Dulu Lewat Buku
Ilustrasi.
Daerah
Besok, Workshop Jomblo Berkualitas Digelar di STAIN Watampone