Fokus

Gerakan Keteladanan, Strategi Jitu Gerakan Literasi di Maros

461
0

Setelah selesai membaca buku, Kepala UPTD Maros Baru, Ramli SE menceritakan isinya di hadapan peserta lainnya. Tampak Irlidya (jilbab hitam) sedang asyik membaca buku.

Maros, Sulsel – Salah satu hal yang menghalangi gerakan literasi adalah kurangnya keteladanan dari orang tua siswa, guru dan para warga senior lainnya kepada anak, siswa atau yang lebih muda. Sehingga yang muda pun akhirnya tidak tergerak.

Hal ini membuat prihatin Irlidya, salah seorang pengawas di Kabupaten Maros, Sulsel. Hingga akhirnya, dia berusaha menggerakkan para kepala sekolah dan para guru di bawah pengawasannya untuk terbiasa membaca buku.

“Agar pembiasaan membaca siswa di sekolah terlaksana dengan baik, hal yang penting sekali dilakukan adalah keteladanan atau memberi contoh. Pengawas harus menjadi contoh bagi kepala sekolah dan guru, kepala sekolah harus menjadi contoh bagi guru dan siswanya. Demikian juga guru pada siswanya,” ujar Irlidya.

Menurutnya, sebelum kepala sekolah menganjurkan warga sekolah membaca, dia harus aktif membaca terlebih dahulu, setidaknya ikut dalam program membaca di sekolahnya. “Hal ini penting untuk memastikan semua warga sekolah ikut dalam program membaca,” ujar salah satu fasilitator USAID PRIORITAS Maros ini, Jumat, 7 April 2017.

Untuk memulai hal tersebut, sebagai pengawas, setiap ada pertemuan kepala sekolah (K3S) di wilayah pengawasannya, yaitu Maros Baru, ia selalu membawa buku dan mengulasnya di depan mereka.

Selain itu, ia juga berhasil membuat kesepakatan dengan para kepala sekolah, untuk melakukan kegiatan membaca 15 menit sebelum rapat dimulai. Rapat yang biasa berlangsung sebulan sekali itu kini selalu diawali dengan membaca 15 menit dan kegiatan menceritakan kembali isi buku yang telah dibaca.  (Baca selengkapnya di FAJAR PENDIDIKAN versi cetak edisi 264/1-15 April 2017).

Komentar

Tagged:
Motivasi Gubernur Sulsel ini dalam rangka membuka kegiatan Masa pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA-/SMK yang dilaksanakan serentak se-Sulsel. Kegiatan ini mengusung tema, “Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Berlandaskan Kearifan Lokal”.
Fokus
Disdik Sulsel Bakal Lakukan Pemetaan Narkoba (Bagian 1)
Tegap. Para pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) saat melakukan tugasnya mengibarkan bendera pusaka, Kamis (17/8) lalu.
Fokus
Editorial Tabloid Fajar Pendidikan Edisi 273: Menjadi Bangsa yang Besar
IMG_7385
Fokus
Pelantikan Pejabat Baru, Penyerahan SK Guru Besar, dan Penerimaan Kembali Doktor Baru di Lingkungan Universitas Hasanuddin