Daerah

Siswa Harus Lebih Aktif dari Guru

562
0

Rapat Kerja MGMP IPA Kabupaten Pangkep, (8/4).

Pangkep, Sulsel – Musyawarah Guru SMP Mata Pelajaran (MGMP) IPA Kabupaten Pangkep, Sulsel, melaksanakan rapat kerja bulanan dalam rangka sharing dan evaluasi metode pengajaran dan pembelajaran di masing-masing sekolah, Sabtu, 8 April 2017, di SMP 2 Pangkep.

Pengawas Sekolah Mata Pelajaran IPA, Ardiana Arifin SPd MPd mengatakan, kegiatan MGMP merupakan wadah bagi guru mata pelajaran untuk melakukan sharing antara pengawas dan guru. Sekaligus bahan evaluasi pengajaran yang dilakukan di sekolah tempat mereka mengajar.

“Setelah rapat, kami inginkan, guru punya inovasi sistem pengajaran dan pembelajaran baik, yang mana siswa lebih aktif dari gurunya, bukan lagi gurunya yang lebih aktif,” kata Ardiana.

Dia juga mengatakan, guru harus meninggalkan sistem pengajaran pola lama, yaitu menceramahi siswa. Sebaiknya, siswa sendiri yang membuat sebuah kegiatan dengan mempresentasekan apa yang dia telah tuangkan kemudian disertai dengan jawabannya.

“Sistem ini harus dituangkan dalam rancangan perangkat pembelajaran (RPP), kemudian diaplikasikan dengan tindakan kelas. Jangan sampai beda konsep dan tindakan yang diberikan ke siswa,” tegas Ardiana.

Pengawas sekaligus Plt Kepala SMPN 2 Pangkep ini juga berharap, guru harus mempunyai wawasan luas di banding muridnya. Agar setiap kegiatan yang dibuat oleh siswa, dapat diketahui maksud dan tujuan pembuatannya. Sehingga, apabila ada kegiatan yang keliru dibuat oleh siswa, guru dapat memberikan masukan atau meluruskan.

Kegiatan MGMP tersebut hanya dilakukan satu kali dalam sebulan. Pelaksanaannya dimulai sepulang mengajar di sekolah, dari pukul 13.00-16.30 Wita.

 

Penulis: Adhan

Komentar

Tagged:
Kepala Sekolah SD Negeri 7 Manurunge, Haerawati, S. Pd
Daerah
SD Ini Buktikan Asyiknya K-13
Jalan Hos Cokroaminoto, Watampone.
Daerah
Arus Lalu Lintas HOS Cokroaminoto Bone, Lancar
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan
Daerah
Polres Barru Limpahkan Empat Berkas Tersangka Narkoba ke Kejari