Daerah

Perpustakaan Keliling, Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

400
0

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara, Drs Israel Ray Ratu lagi merapikan buku-buku.

Toraja Utara, Sulsel – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, memaksimalkan kembali program perpustakaan keliling. Kehadiran program itu di daerah pedalaman tentunya dinilai membantu meningkatkan minat baca pada masyarakat, khususnya para generasi bangsa. Hal ini dimaksud untuk menambahkan minat baca bagi anak-anak bangsa.

“Program ini sudah lama berhenti, setelah saya pikir program ini bagus, makanya saya maksimalkan kembali,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs Israel Ray Ratu.

Kepada fajarpendidikan.co.id, ia mengatakan harapannya, semoga program ini dapat dirasakan oleh masyarakat, khususnya yang berada di pedalaman.

Melalui program ini, kata Israel Ray Ratu, tiap hari ia berkunjung ke sekolah. Kunjungan itu pada jam istirahat agar tidak mengganggu proses pembelajaran di sekolah.

Menurutnya, anak-anak punya keinginan besar ingin membaca. Hal ini dibuktikan ketika mobil perpustakaan keliling sudah parkir di halaman sekolah, mereka datang mencari buku bacaan yang diinginkan.

Hanya saja, kata Israel Ray Ratu, ketersedian jenis buku-buku sangat terbatas, tapi tetap diusahakan serta disesuaikan kebutuhan anak dan masyarakat. “Serta disesuaikan kebutuhan sarana, misalnya kalau ke sekolah, buku-buku berjudul tentang karakter anak-anak, buku cerita yang disiapkan,” ujarnya.

Diakui, masih ada kampung-kampung yang tidak terjangkau kendaraan perpustakaan keliling. Hal itu diperhadapkan suatu kendala, yakni minimnya kendaraan operasional.
“Hanya satu mobil perpustakaan keliling yang kami miliki,” ujar Israel Ray Ratu.

Israel Ray Ratu berharap supaya semua masyarakat dapat memahami begitu pentingnya perpustakaan. Karena baik anak sekolah, petani, peternak harus perlu membaca, mengetahui masing-masing pentingnya keilmuan atau jurusan-jurusan yang dia miliki.
Penulis: Patrun

Komentar

Tagged:
Bupati Barru Suardi Saleh bersama Dirjen pembangunan kawasan desa kementerian desa  saat meresmikan penggunaan Rice Mill di desa Anabanua
Daerah
Kementerian Desa Resmikan Rice Mill di Desa Anabanua
Ujian kenaikan tingkat PPS Nur Rachmat, 11-12 Maret 2017.
Daerah
Didik Anggotanya, PPS Nur Rachmat Gelar UKT
IMG_7179
Daerah
Anda Mau Mudik ke Bone? Waspada Jika Lewat di Jalan Pencabut Gigi Ini