Daerah

Calon Kader BPJS Kesehatan Watampone Dipersiapkan Tagih 32.107 Peserta Penunggak Iuran

310
0

BPJS Kesehatan Cabang Watampone saat silaturahmi dengan sejumlah Media, LSM dan Ormas, di M Kopi Tiam, Jl Biru, Bone, Senin (10/4).

Bone, Sulsel – Sekitar 32.107 peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Cabang Watampone, Kabupaten Bone, menunggak iuran. Mereka merupakan peserta, segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/mandiri.

Mengurai masalah tunggakan iuran kepesertaan yang dinonaktifkan itu, BPJS Kesehatan Cabang Watampone tengah merekrut kader. Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Alfian mengaku, perekrutan kader untuk menangih, mengurai masalah tunggakan peserta di tempatnya mengabdi. Tugas lainnya, disebutnya, mengurus pendaftaran peserta, memberi informasi dan penanganan keluhan, sosialisasi serta edukasi.

“Mereka bertugas hanya untuk ke peserta mandiri/individu saja,” ujar Alfian kepada fajarpendidikan.co.id sesaat sebelum silaturahmi dan pemberian informasi dengan sejumlah Media, LSM dan Ormas, di M Kopi Tiam, Jl Biru, Bone, Senin (10/4).

Sebagaimana telah diwartakan media ini, puluhan ribu peserta mandiri atau individu yang menunggak pembayaran iuran, lebih dari 1 bulan, maka secara otomatis kepesertaannya akan dinonaktifkan (dihentikan sementara). Untuk aktif kembali, peserta cukup melunasi tunggakan iurannya, otomatis aktif.

Keterlambatan pembayaran iuran itu, tidak dikenakan denda secara langsung. “Tapi kalau misalnya peserta berobat dan rawat inap di rumah sakit dalam rentang waktu 45 hari sejak kartunya aktif kembali, maka akan dikenakan denda pelayanan sebesar 2,5 persen dari biaya pelayanan dikali dengan bulan menunggak,” terangnya beberapa waktu lalu.

 

Penulis: Abustan

Komentar

Sosialisasi Pajak Daerah UPT Pendapatan Wilayah Bone
Daerah
Genjot PAD, Samsat Bone Sosialisasi Pajak Daerah
IMG-20170514-WA0019
Daerah
Diguyur Hujan, Gedung Rektorat dan Sokko Recca STAIN Watampone Tergenang Air
Bupati Pangkep, H. Syamsuddin A Hamid, SE, Memasangkan Pin. Dan Peserta Undangan yang hadir.
Daerah
Tugu PW Nasional 1974 Pangkep, Di Resmikan