Daerah

Ratusan Peziarah Padati Kuba di Barru

608
0

Exif_JPEG_420

Barru, Sulsel –  Sepanjang Jl Cakalang – Jl Sunu – Jl Bete-bete – Jl Salossoe, Kota Sumpang Binangae Barru, Kabupaten Barru, Sulsel, mengalami kemacetan, Minggu (9/4). Ruas jalan tersebut dipadati ratusan peziarah dan kendaraan para peziarah terparkir di sekitar makam Asy Syeikh Muhammad Fudhail (Kuba).

Ribuan pengujung peziarah Kuba yang datang dari berbagai penjuru kabupaten dan kota di Sulsel, di antaranya Kabupaten Pangkep, Maros, Makassar. Namun sebagian besar yang ditemui fajarpendidikan.co.id adalah pesiarah Kuba dari Kabupaten Maros.

Maksud kedatangan para pengujung berziarah di makam Asy Syeikh Muhammad Fudhail (Puang ri Barru), dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan. Makam tersebut memang rutin dikunjungi  pada bulan Rajab dan bulan Syahban, sejak dahulu kala.

H Abd Kadir, pengunjung asal Kabupaten Maros yang ditemui mengatakan, dirinya hanya mengantar keluarga berziarah di makam guru Khalwatiyah (Kuba). “Setiap bulan Rajab dan Syahban, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan,” jelasnya. Dia sudah tiga puluh tahun membawa keluarganya berziarah di Kuba ini.

Maulidin Baba (57), warga Jl Cakalang Sumpang Binangae Barru, merasa antusias melihat para peziarah Kuba. Menurutnya, hal ini sudah sangat membutuhkan campur tangan pemerintah daerah, khususnya Dinas Pariwisata. Penanganan Kuba selama ini, hanya dikelola secara tidak jelas.

“Luar biasa ramainya. Kami warga Sumpang Binangae antusias melihat kedatangan mereka. Momen seperti ini seharusnya sudah dapat ditata dan dikelola secara baik,” kata Inding.

Hal ini sudah sangat membutuhkan perhatian dan campur tangan pihak kepariwisataan daerah. Tujuannya, agar dapat meningkatkan sumber pendapatan masyarakat dalam hal pemberdayaan masyarakat, khususnya di Sumpang Binangae.

Penulis: Abdul Latief

Komentar

WhatsApp Image 2018-01-17 at 16.37.06
Daerah
Awal Tahun, Disnakertrans ‘Panen’ Pemohon Kartu Kuning, Pencari Kerja Didominasi Alumni SMA
Plt Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh MSi menutup secara langsung acara Semarak Pesta Rakyat yang secara kontinyu diselenggarakan oleh pemuda dan masyarakat Desa Ajakkang, di Lapangan Bola Desa Ajakkang pada Minggu, (3/9).
Daerah
Semarak Pesta Rakyat Desa Ajakkang Ditutup Plt Bupati
Kepala Disdik Bone, H Rosalim.
Daerah
Dana BOS Lambat Cair, Ini Kata Kepala Dinas Pendidikan Bone