Daerah

‘Rame-rame’ Alpa di LKPJ Bupati Bone, Wakil Rakyat Dinilai Tak Beri Contoh Baik Kepada Rakyat

312
0

Bupati Bone menyerahkan Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone 2016, Selasa (11/4/2017) malam.

Bone, Sulsel – Laporan Kerja Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone 2016 telah disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Aula Sidang Gedung DPRD Bone, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Selasa (11/4/2017) malam. Belasan kursi wakil rakyat malam itu, tampak kosong.

Saat fajarpendidikan.co.id mencari tahu, ternyata, sebanyak 14 anggota DPRD Kabupaten Bone, Sulsel, bersamaan mangkir di rapat paripurna penyampaian LKPJ tersebut. Berdasarkan absen, dari 45 anggota DPRD, hanya 31 yang hadir mewakili rakyat.

Informasi dari Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Bone, Andi Sulam Mangampara, menyebutkan hanya ada dua partai yang melaporkan alasan ketidakhadiran. “PPP bimtek partai dua orang dan Gerindra ikuti acara partai di Jakarta ada empat orang,” sebut Andi Sulam Mangampara kepada wartawan.

Mengetahui ketidakhadiran para wakil rakyat tersebut sangat disayangkan Pengamat Hukum dan Politik, Irfan Amir. Ia mengatakan, malasnya anggota DPRD menghadiri rapat sekaliber LKPJ, itu suatu sikap yang sangat mengecewekan hati rakyat.

“Tidak patut dicontoh,” tegasnya dengan nada prihatin kepada fajarpendidikan.co.id, Rabu (12/4).

Sebab DPRD, lanjutnya,  merupakan representatif dari masyarakat itu sendiri yang diberi amanah dan tanggung jawab yang sangat besar. Seyogyanya, menjalankan semua fungsinya secara baik dan konsisten.

“Di antaranya, pengawasan terhadap kinerja eksekutif demi terwujudnya penggunaan anggaran yang tepat sasaran,” ujar Alumni magister hukum Universitas Muslim Indonesia Itu.

Ke depan, ia berharap masyarakat sadar dan harus menerapkan sanksi sosial terhadap politisi dengan integritas dan kinerja buruk. “Salah satu cara penerapan sanksi sosialnya adalah tidak memilihnya di pemilu mendatang,” pungkasnya.

 

Penulis: Abustan

 

Komentar

Drs Abbas MPdI.
Daerah
Kepsek MAN 2 Bone Manfaatkan Ini untuk Sosialisasi
BNN Kabupaten Bone menggelar Workshop Pengembangan Kapasitas, Rabu (3/5).
Daerah
P4GN, BNN Bone Gelar Workshop Pengembangan Kapasitas Masyarakat
Drs Aminullah M. Pd saat menyerahkan berkas calon ketua STAIN Watampone kepada Kasubdit Kelembagaan, Kemenag Pusat, Prof Dr. Syafii (baju putih), Selasa (16/5).
Daerah
Calon Ketua STAIN Watampone Akan Jalani Fit and Proper Test di Jakarta