Daerah

Peduli Sekolah Pinggiran, Komunitas Rumah Kardus Bone Gelar Donasi Buku

408
0

Kondisi perpustakaan SD Inpres 5/81 Watang Melle, desa Melle dusun Watang Melle, Kecamatan Dua Boccoe, Bone.

Bone, Sulsel – Budaya baca murid di sekolah dinilai masih rendah. Kondisi ini bukan semata karena rendahnya minat baca itu sendiri namun karena ketiadaan buku bacaan, yang menarik di sekolah-sekolah pinggiran.

Minimnya fasilitas pendidikan berupa buku bacaan Itulah, Komunitas Rumah Kardus Indonesia, Kabupaten Bone, Sulsel, tergerak untuk peduli dengan menggelar aksi donasi buku.

Melalui Gerakan Peduli Watang Melle, mereka galang buku bacaan untuk murid di SD Inpres 5/81 Watang Melle, desa Melle dusun Watang Melle, Kecamatan Dua Boccoe, Bone.

“Setelah survei, di sana memprihatinkan dan membutuhkan bantuan (di antaranya butuh buku bacaan). Kami (Komunitas Rumah Kardus Indonesia) mengadakan penggalangan buku untuk membentuk perpustakaan mini di sana,” ungkap salah satu pencetus Komunitas Rumah Kardus Bone, Widia Hasmita, kepada fajarpendidikan.co.id, Sabtu (15/4/2017).

Kepedulian Komunitas Rumah Kardus terhadap pendidikan anak-anak usia sekolah dasar memang menjadi salah satu agenda penting komunitas yang baru terbentuk ini.

Mereka berharap, kegiatan awal berupa donasi buku, bisa meningkatkan budaya literasi murid SD Watang Melle. Selain itu, memotivasi murid dan masyarakat lainnya untuk berbagi buku.

“Jenis buku yang dibutuhkan yakni, buku dongeng dan cerita bergambar, novel, majalah/tabloid edukasi, buku memasak, buku pengetahuan umum, buku kerajinan dan keterampilan, buku teknologi tepat guna, buku kewirausahaan, buku komputer dan internet, buku agama, buku kesehatan,” sebutnya.

Dalam gerakan donasi buku tersebut, juga menerima donasi dalam bentuk lain, yang dapat mendukung proses belajar anak-anak Watang Melle. Baik terkait perbaikan gedung perpus, sarana bermain, alat tulis, buku tulis atau meja belajar. Mengingat ruang bermain dan belajar merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh anak-anak usia sekolah dasar.

Mereka mengajak semua pihak, khsusunya yang bersinggungan dengan pendidikan, untuk ikut serta peduli, berpartisipasi dalam kegiatan donasi buku itu. “Mari cerdaskan generasi bangsa melalui gerakan donasi buku dalam kegiatan Gerakan Peduli Watang Melle,” ajaknya.

Adapun penerimaan donasi buku paling lambat tanggal 20 April 2017, mendatang. Bagi yang hendak berpatisipasi dapat menghubungi Susanti Ismail 085396330964, Sinar 082344936619 dan Indra 085340700227.

 

Penulis: Abustan

Komentar

Murid TK Dharma Wanita Garessi Barru saat rekreasi kenal lingkungan di Ujung Batu, (15/4).
Daerah
TK Dharma Wanita Garessi Barru Rekreasi Kenal Lingkungan
Plt. Bupati Barru, Ir. Suardi Saleh MSi membuka Acara Bimbingan Teknis OPD dan LPPD, Selasa (28/3).
Daerah
Ir Suardi Saleh: Mari Kita Belajar Untuk Lebih Baik
IMG_7321
Daerah
Kapolsek Lapri Jadi Pemateri di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah