Daerah

211 SLTP di Bone, Hanya 2 Sekolah Siap UNBK, Ada Apa?

351
0

Kabid SMP/MTs Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, M Ramli.

Bone, Sulsel – Tak ada satu pun Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Bone, Sulsel, yang siap ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017. Dari 211 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) hanya 2 sekolah yang siap UNBK.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, H Rosalim Hab melalui Kabid SMP/MTs, M Ramli saat ditemui fajarpendidikan.co.id, di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurut Ramli, pihak Disdik selalu berupaya mendorong pelaksanaan UNBK. Namun apa daya, pihak sekolah beralasan tidak memiliki persiapan dan kesiapan, khususnya dana untuk melengkapi peralatan, seperti server dan komputer.

“Ada 121 SMP dan 90 MTs di Bone. Kalau SMPN tidak ada siap UNBK. SMP swasta saja ada 1 melapor siap, SMP Islam Athirah. MTs juga ada 1 siap (MTs Negeri 1 Watampone),” ungkap M Ramli Kepada fajarpendidikan.co.id.

Ramli mengaku menyayangkan sedikitnya sekolah yang siap melaksanakan UNBK. “Masa sekolah swasta bisa, negeri tidak. Kan bisa pakai laptop pelajar, dipinjam, serta pelaksanaannya juga bersesi, tidak sekaligus semua masuk ujian,” ujar Ramli menyayangkan.

Tahun ini, sebanyak 12931 pelajar di Kabupaten Bone, akan mengikuti UN. Dari jumlah itu, sekitar 9164 pelajar dari 121 SMP akan mengkuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil.

“12931 peserta akan mengikuti UN di Bone, dengan rincian SMP sebanyak 9164 pelajar dan MTs 3767 pelajar,” sebutnya.

 

Penulis: Abustan

Komentar

Siswa sangat antusias ikuti UNBK, mereka punya semangat tinggi dalam mengerjakan naskah soal.
Daerah
Begini Proses UNBK SMP Satu-satunya di Toraja Utara
Kepala BPBD Barru, H Abdul Kadir.
Daerah
Cuaca Tak Menentu, Kepala BPBD Barru Imbau Warga Selalu Waspada
Komunitas Rumah Kardus Indonesia menggelar aksi peduli Palaccari di SD Inpres 5/81 Salebba, Kabupaten Bone, Sulsel.
Daerah
Menengok Sekolah Terpencil di Bone, Masih Berlantai Tanah