Daerah

Rutan Barru Didominasi Kasus Narkoba

275
0

Penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabupaten Barru, Sulsel.

Barru, Sulsel – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabupaten Barru sudah over kapasitas. Rutan tersebut hanya bisa menampung 106 tahanan, namun saat ini sudah mencapai 138 orang, terdiri dari narapidana atau biasa disebut napi sebanyak 112 orang dan tahanan 26 orang.

Kepala Rutan Kelas II B Barru, Jayadi Kusumah, yang dikonfirmasi Kamis, 20 April mengatakan, Rutan Barru sebenarnya sudah melebihi kapasitas. Daya tampungnya sudah melebihi, yaitu sudah mencapai 138 orang dari 106 yang seharusnya.

“Rutan kita di sini sebenarnya hanya bisa menampung 106 orang, tapi sekarang sudah dihuni oleh 138. Ini sudah melebihi dari kapasitas yang seharusnya,” kata Jayadi.

Meski demikian, lanjut Jayadi, kenyamanan untuk para tahanan di Rutan tersebut tetap selalu dijaga dan diutamakan.

“Alhamdulillah meski sudah lebih dari yang sebenarnya untuk ditampung, tapi kenyamanannya kita tetap selalu jaga. Utamanya soal air di sini selalu lancar, karena itu yang paling penting,” ujar Jayadi.

Jayadi menyebutkan, dari 138 tahanan yang ada, 37 di antaranya dari luar daerah. “Tahanan kita di sini ada 25 dari Pinrang, 12 Makassar, dan selebihnya itu Barru, dan semuanya laki laki,” ujarnya.

Jayadi menambahkan, para penghuni di rutan tersebut selalu didekatkan kepada kegiatan yang positif. “Kita melakukan pembinaan keagamaan, seperti belajar baca Alquran dan pengetahuan agama lainnya, supaya mereka bisa membiasakan diri untuk berbuat yang positif,” tutur Jayadi.

Dia menambahkan, penghuni rutan dari 138 orang itu, di atas lima puluh persen di antaranya adalah kasus narkoba. “Kasus narkoba mendominasi di Rutan Barru,” ungkapnya.

 

Penulis: Abdul Latief

Komentar

IMG_7121
Daerah
Kemenag Bone Tetapkan Kadar Zakat Fitrah, Ini Rinciannya
Ilustrasi © Copyright 2017 - PT Fajar Media Pendidikan
Daerah
PLN Imbau Sekolah UNBK Sediakan Genset, Ini Kata Kepala UPT Pendidikan Bone
Kedatangan Sekjen Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi RI, Anwar Sanusi bersama Plt Bupati Barru, H Suardi Saleh disambut salam dan antusias oleh ratusan masyarakat Pujananting, Barru, Sulsel, (11/3).
Daerah
Sekjen Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi Tutup Pelatihan Pengelolaan BUMDes Barru