Daerah

Menengok Sekolah Terpencil di Bone, Masih Berlantai Tanah

630
0

Komunitas Rumah Kardus Indonesia menggelar aksi peduli Palaccari di SD Inpres 5/81 Salebba, Kabupaten Bone, Sulsel.

Bone, Sulsel – Wajah pendidikan di sejumlah daerah terpencil memang masih terlihat menyedihkan. Hingga saat ini, masih jauh panggang dari api alias realita yang ada di pelosok masih jauh dari harapan.

Fasilitas yang sangat minim dan tenaga pengajar yang kurang, menjadi salah satu hambatan pendidikan merata, penghambat bagi berkembangnya minat belajar para murid di sekolah pelosok.

Hal seperti itulah yang dialami murid di sekolah terpencil, SD Inpres 5/81 Salebba, Dusun Palacari, Desa Salebba, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sulsel.

Murid SD Inpres 5/81 Salebba saat upacara memperingati Harkitnas.

SD Inpres 5/81 Salebba, sekolah pelosok dengan jumlah murid dari kelas I sampai VI sebanyak 30 murid. Biasanya, mereka hanya diajar oleh dua guru di ruang kelas yang berlantai tanah.

Mengetahui hal itu, relawan Komunitas Rumah Kardus Indonesia (RKI) merasa terpanggil, tidak tega dan tak ingin tinggal diam begitu saja melihat kondisi sekolah dan murid yang serba kekurangan. Para relawan berupaya mengurangi kekurangan yang ada di sekolah tersebut dengan menggelar aksi peduli Palaccari.

“Sudah dua minggu ini, para relawan telah melakukan aksi donasi buku dan seragam serta donasi dana untuk operasional mereka (murid SD Inpres 5/81 Salebba), “ungkap salah satu relawan RKI, Iin Mardiyah kepada FAJARPENDIDIKAN. co. id, Selasa (23/5), Malam.

Dalam penuturan Iin, komunitasnya menggelar aksi peduli sebagai wujud pengabdian sebagai anak bangsa untuk generasi penerus, khususnya di Desa Salebba. Untuk Sekolah serba keterbatasan di era Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut, mereka mengutamakan program pengembangan pendidikan murid. Selain itu, mengupayakan pembenahan fasilitas pendidikan seperti perpustakaan sekolah.‎

Komunitas Rumah Kardus Indonesia menggelar aksi peduli Palaccari di SD Inpres 5/81 Salebba, Kabupaten Bone, Sulsel.

Sebagai komunitas yang bergerak di bidang pendidikan sosial dan budaya, RKI mengagendakan dalam aksi peduli Palaccari yakni, Donasi Seragam Sekolah, Donasi Buku, Pengadaan perpus mini/ taman baca sekolah, Sekolah alam & games, Penanaman Budaya Bahasa Indonesia, Pembagian Alat tulis menulis, Senam Jantung Sehat, Sosialisasi PHBS, Mengajar, Lomba mewarnai dan kegiatan lainnya.‎

“Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dalam mem‎peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas),” tambah Sekretaris Umum RKI Bone, Susanti Ismail.

 

Penulis: Abustan

Komentar

IMG_7179
Daerah
Anda Mau Mudik ke Bone? Waspada Jika Lewat di Jalan Pencabut Gigi Ini
Ilustrasi.
Daerah
Besok, Workshop Jomblo Berkualitas Digelar di STAIN Watampone
a8a5939c-18bb-46ed-8370-33d8f65e6277
Daerah
LKC Bone Tawarkan Cara Cepat Agar Anak Bisa Baca dan Menulis