Daerah

Sekolah Jangan hanya Perhatikan Output, Tapi Input Juga

307
0
    Kepala UPT Pendidikan SMA Kabupaten Maros, Dra Andi Hidayati, MSi.

Maros, Sulsel – Maraknya kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini, khususnya di kalangan dunia pendidikan menjadi PR besar bagi semua stakeholder dalam membentuk karakter para generasi bangsa.

Jenjang pendidikan, mulai dari TK hingga perguruan tinggi, bak mata rantai yang setiap jenjangnya diperlukan pantauan bagi para generasi, bukan hanya nilai pelajaran tapi juga terkait perilaku setiap siswa.

Kepala UPT Pendidikan SMA Kabupaten Maros, Dra Andi Hidayati MSi saat ditemui di sela kunjungannya ke SMA 3 Lau, Maros, meminta sekolah jangan hanya memperhatikan input, namun juga outputnya saat melakukan perekrutan.

“Karena dari input, kita bisa melihat karakter setiap siswa yang nanti akan kita ajar untuk membentuk output,” papar Andi Hidayati yang didampingi Kepala SMA 3 Lau, H Muh Arifin Ali, MHum.

“Kabupaten Maros, penerimaan siswa SMA juga dilakukan tes bebas narkoba dan tes psikologi. Disitu bisa kita peta-petakan setiap siswa untuk membentuk mereka,” tambah wanita yang akrab disapa Teten ini.

Kepala SMA 3 Lau, Drs H Muh Arifin Ali.

Dirinya berharap, agar setiap sekolah tidak sekadar mencerdaskan otak, tapi juga mencerdaskan hati siswanya.

“Mencerdaskan hati di sini bisa dengan mengembangkan kesenian setiap siswa, mengajarkan keterampilan dan lainnya.”

Memang, perhatian khusus diperlukan bagi dunia pendidikan. Agar benar-benar menjadi tempat menempa para generasi bangsa dan menjadi cermin kemajuan suatu negara.

 

Penulis: Firmayusi Toti

Komentar

Daerah
304 JCH Dapat Bimbingan Mental dan Spiritual
18198756_529918330729103_9191242680412413039_n
Daerah
Bupati Bone: Tak Perlu Ada Aksi Bakar Lilin di Bone
Peserta Pelatihan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Barru.
Daerah
42 Warga Desa di Kab. Barru DIterbangkan ke Jawa Timur. Ada Apa?