Fokus

Editorial Tabloid Fajar Pendidikan Edisi 271: Selamat Datang, Siswa Baru!

210
0

Doc. Fajar PendidikanMakassar, Sulsel – Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi siswa baru yang sebelumnya ditangani OSIS kini ditangani langsung para guru di sekolah. Namanya pun berganti menjadi Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Hal ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 yang mengatur bahwa penyelenggara masa pengenalan lingkungan sekolah harus seratus persen guru.

PLS dilakukan saat jam pelajaran sekolah, bukan di luar jam sekolah. Dalam permendikbud tersebut pula diatur, pengenalan lingkungan sekolah dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran.

PLS tentu diharap menjadi “angin segar” di sekolah bagi siswa baru maupun para orang tua. Atribut “aneh” yang dulu senantiasa menghiasi seragam sekolah siswa baru kini dilarang penggunaannya. Terlebih perpoloncoan dan kekerasan ditegaskan tidak boleh terjadi lagi.

Siswa baru adalah anak-anak yang penuh rasa ingin tahu. Ingin belajar beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru pula. Mereka adalah anak-anak yang butuh bimbingan. Perkenalkan aturan dan kedisiplinan dengan cara-cara yang edukatif, bukan dengan tindak kekerasan.

Masa orientasi adalah momen yang tepat bagi guru memberikan pendidikan dan kaderisasi bagi siswanya. Bung Hatta pernah bertutur, “Bahwa kaderisasi sama artinya dengan menanam bibit. Untuk menghasilkan pemimpin bangsa di masa depan, pemimpin pada masanya harus menanam”. Hal ini menunjukkan, betapa pentingnya proses orientasi bagi siswa baru. Pendidikan memang harus diberikan sejak dini. Di momen para siswa masuk di sekolah yang baru.

Sebagai orang yang paling dekat dengan siswa di kelas nanti, para guru juga harus memberi contoh. Memberikan bimbingan kepada siswanya dan menjadi teladan. Tapi, sebaik-baik teladan, bukanlah dengan perkataan saja, tapi memberikan contoh dengan tindakan. Mudah-mudahan generasi muda kita ke depan adalah para generasi terpelajar. Selamat datang, para siswa baru!

Salam dari, Redaksi

Komentar

Selamat hari jadi Sulsel, ke-348 tahun. Semoga Sulsel semakin aman, damai, dan masyarakat semakin sejahtera. Amiiin!
Fokus
Editorial Tabloid Fajar Pendidikan Edisi 276: Selamat Ulang Tahun, Sulsel!
Wabup Bone H. Ambo Dalle (baju kuning), Kadis Kebudayaan Bone A. Promal Pawi (baju abu-abu) , Kapolres Bone AKBP. Muh. Kadarislam (baju biru) Kepala SMA Islam Athirah Bone Syamsul Bahri (baju batik), dan A. Zulkarnain.
Fokus
Hadirkan Pendidikan Berkualitas dan Merata (Bagian 2)
Wabup Bone H. Ambo Dalle (baju kuning), Kadis Kebudayaan Bone A. Promal Pawi (baju abu-abu) , Kapolres Bone AKBP. Muh. Kadarislam (baju biru) Kepala SMA Islam Athirah Bone Syamsul Bahri (baju batik), dan A. Zulkarnain.
Fokus
Hadirkan Pendidikan Berkualitas dan Merata (Bagian 1)