Daerah

Tingkatkan Swasembada Pangan di Kabupaten Barru, Danramil 1405-04/Soppeng Riaja Kembangkan Kebun Bebatuan

130
0

Danramil 1405-04/Soppeng Riaja, Kapten Inf Aris Surya, bersama masyarakat melaksanakan tanam padi perdana seluas 30 Ha

BARRU, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Danramil 1405-04/Soppeng Riaja, Kapten Inf Aris Surya, bersama masyarakat melaksanakan tanam padi perdana seluas 30 Ha di perkebunan kelompok “Tani Mekar” yang di Ketuai Hasanuddin, di Cappaga, Dusun Congko, Desa Siddo, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Minggu (10/12).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala BP3K Kecamatan Soppeng Riaja, PPK Kecamatan Soppeng Riaja, Babinsa Desa Siddo Sertu Andi Abidin bersama 3 orang anggota, PPL Desa Siddo Supriadi Sp, Anggota Kelompok Tani, hingga masyarakat sekitar.

Kegiatan tersebut diawali dengan arahan dan petunjuk tehnik tanam padi oleh Danramil 1405-04 Soppeng Riaja, Kapten Inf Aris surya.

“Pada saat menanam, perhatikan kondisi tanah apakah berbatuan atau tidak, apabila bebatuan, maka penempatan lobang(tempat bibit) agar diletakan setelah batu yang bertanah sedalam 1-1.5 cm, setelah itu timbun sampai tidak kelihatan bibitnya dan tidak boleh ditekan demi menghindari tanah mengeras dan bibit tidak dapat tumbuh, jarak minimal 30 cm atau disesuaikan apabila berbatuan, sesuaikan medan namun tetap mengacu pada jarak yang telah ditentukan oleh pertanian,” imbau Aris Surya.

Cara tanam dengan bersaf panjang sesuai jumlah orang, tekhnik maju secara bersama sama dinilai cocok untuk menghindari adanya benturan dan tetap bisa melihat dan memperhatikan jarak serta kawan di kiri kanan sehingga tetap lancar, agar tetap menjaga kerjasama, kompak hingga bersamaan sampai kepinggir ujung kebun.

“Diharap setiap kegiatan petanian, baik tanam padi di kebun dan di sawah, kita semua harus selalu bekerja sama dengan baik, saling membantu, demi peningkatan swasembada pangan di Kabupaten Barru,” harap Kapten Inf. Aris Surya.

Reporter: Abd Latif Akhmad

Komentar

IMG_7306
Daerah
Kembangkan SDM, Dosen STIP Bone Magang di Institut Pertanian Bogor
Kanit Regident Samsat Bone, Ipda Muhammad Tang. S. SH., MH
Daerah
Lebih Moderen, Samsat Bone Akan Operasikan Sistem Ini
Bupati Maros, HM Hatta Rahman bersama Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang dan Sekretaris Daerah (Sekda) Maros, Baharuddin saat menyerahkan alat bantu penyandang disabilitas dari BPJS Kesehatan, Selasa (3/10).
Daerah
Bupati Maros Serahkan Alat Bantu Penyandang Disabilitas