Bersama Polres, PWI Bone Tingkatkan Profesionalisme Wartawan

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Puluhan Wartawan media cetak dan atau online yang bertugas di Kabupaten Bone mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Novena, Jl Ahmad Yani Watampone. Kamis hingga Jumat (06-07/12/2018).

Hadir dalam UKW ini, tiga orang penguji dari Dewan Pers yakni Faisal, Faturrahman dan Suwardi Thahir. Selain itu, hadir, Kapolres Bone Akbp Muh Kadarislam Kasim dan Jajaran Humas Polres Bone, Wakil Ketua PWI Provinsi Sulsel Bidang Organisasi Mappiar, Sekretaris PWI Provinsi Sulsel, Kepala Sekolah Kewartawanan Provinsi Sulsel Usman Nu’man.

UKW ini mengangkat tema “Dengan UKW, Kita Tingkatkan Profesionalitas Wartawan” terlaksana berkat kerjasama PWI Kabupaten Bone dengan Kepolisian Resort (Polres) Bone.

Kapolres Bone, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim membuka UKW ini.

Dalam sambutannya, Muhammad Kadarislam mengatakan, UKW untuk meningkatkan profesionalitas wartawan di Bumi Arung Palakka yang sudah lama digagasnya. Hanya saja, waktu itu kegiatan masih sangat padat. Inisiatifnya itu, banyak didukung oleh media dan wartawan, khususnya di Kabupaten Bone.

“Kedekatan kita, kedekatan profesional. Jangan karena kita dekat, malah pemberitaan yang seharusnya menjadi tangga perbaikan, tidak diberitakan. Bukan begitu,”tegas Muahmmad Kadarislam

Baca Juga :   SMPN 1 Buntao' Gelar Pemilihan Pengurus Komite Sekolah

Apalagi pada saat ini, lajutnya, Polri memacu kinerja yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter). Program tersebut dapat terwujud apabila didukung oleh semua pihak, termasuk media. Media, dikuinya telah banyak memberi sumbansi positif dalam menjalankan tugas-tugasnya di Bone.

“Pers itu, salah satu pilar keutuhan NKRI maka kompetensinya harus sejajar dengan tiga pilar lainnya. Wartawan adalah profesi yang mulia, maka jangan main-main dalam melakoni profesi ini, sehingga itulah diantara sebab mengapa wartawan harus UKW,” jelasnya.

“Lewat UKW inilah, menjadikan profesi wartawan sebagai profesi pengabdian kepada negara,”tutupnya.

Ketua PWI Kabupaten Bone Baktiar Sairing mengatakan, PWI Kabupaten Bone sangat mengapresiasi inisiatif positif Kapolres Bone, karena atas kerjasamanya sehingga sejumlah wartawan di Kabupaten Bone dapat mengikuti UKW dengan gratis, guna meningkatkan dan mengembangkan kapasitas dalam tugas kewartawanannya.

“Luar biasa atensi Kapolres Bone terhadap wartawan di Kabupaten Bone,” ujar Baktiar.

Ketua PWI Provinsi Sulsel yang diwakili H Ismail Asnawi, Wakil Ketua Bidang Pendidikan, berharap agar apa yang dilakukan Kapolres Bone dapat menjadi contoh kabupaten/kota lainnya di Sulsel.

Baca Juga :   Listrik Padam, Siswa SUPM Bone Ditusuk dan Leher Diiris

“PWI Prov Sulsel mengapresiasi Kapolres Bone, dan semoga ini dapat menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya,” harapnya.

Reporter: Abustan