Buat Poster Ranger, Mahasiswa FKM Unhas Raih Juara di Malang

Malang, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) kembali menorehkan juara pada even internasional.

Adalah Juztika Andriani Farid, Andi Rifdah Amir, dan Ummu Kalsum meraih juara tiga pada kegiatan ilmiah tahunan yang berskala internasional, Medical Fiesta yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya, Malang, 7 – 10 November 2019.

Kegiatan ini berisi lomba ilmiah dan seminar internasional. Ada empat cabang lomba yang dipertandingkan yaitu scientific essay, literature review, research paper competition, dan public campaign.

Tema kegiatan Medical Fiesta Tahun 2019 adalah “Holistic Approach in Pediatric Diseases,”.

Pesertanya merupakan mahasiswa S1 dan preklinik dalam lingkup kesehatan.

Jenis lomba public campaign adalah lomba promosi kesehatan dengan menggunakan poster sebagai media utama. Lomba ini diikuti oleh 18 tim yang kemudian diseleksi untuk berlaga pada sesi final.

Menurut dosen pendamping Muhammad Rachmat tim mahasiswa FKM Unhas menjadi finalis diantara 10 tim yang diundang untuk melakukan presentasi di Kampus Universitas Brawijaya.

“Tim mahasiswa bertanding pada cabang lomba public campaign dan memperoleh juara tiga. Judul poster yang dibawakan adalah against intestinal worms with four rangers,” jelas Muhammad Rachmat yang juga dosen di Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.

Baca Juga :   Alumni FKM Unhas Lolos LPDP di University of Michigan Amerika

“Poster ini menjelaskan kondisi kejadian kecacingan di Indonesia, dampak dan cara pencegahan kecacingan yang disimbolkan dengan empat ranger,” tambahnya.

Empat ranger adalah simbol dari tindakan pencegahan untuk melindungi diri dari intestinal worms. Seperti pada filmnya, ranger adalah sosok yang melindungi masyarakat dari serangan musuh yang berbahaya.

“Kami menampilkan gambar ranger dalam poster kami sesuai target audiensnya yaitu anak-anak,” terang Juztika yang tercatat sebagai mahasiswa Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof. Palutturi, PhD menyampaikan apresiasi atas prestasi ini.

“Teruslah berprestasi adek-adek mahasiswa,” ucapnya. (Rls)