Buat Poster SAHDU, Mahasiswa FKM Unhas Sabet Juara di Unair

Nur Fitrah Amalia dan Annisa Aizani Umar yang berhasil menyabet juara dua di Lomba Desain Poster Publik pada acara Islamic Fair of Public Health (IfoPH) [Foto: Ibhel]

Makassar, FajarPendidikan.co.id– Dua mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional di Univeristas Airlangga, Surabaya. Dua mahasiswa tersebut adalah Nur Fitrah Amalia dan Annisa Aizani Umar yang berhasil menyabet juara dua di Lomba Desain Poster Publik pada acara Islamic Fair of Public Health (IfoPH). Lomba ini diselenggarakan oleh Departemen Agama Islam BEM FKM Unair, Sabtu, 4 November 2018.

Dengan mengusung tema minuman sehat, Fitrah dan Nisa membuat sebuah poster berjudul SAHDU (Susu, Jahe, Madu) yang merupakan minuman sehat yang sering dikonsumsi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tahap pertama seleksi naskah poster dari 36 tim dari seluruh Indonesia dan terpilih masuk 10 besar. Tahap kedua presentasi di hadapan dua juri yang merupakan dosen Unair, sebelum dinyatakan meraih juara dua.

Nur Fitrah Amalia mengaku tidak menyangka bisa menyabet juara dua di kompetisi tersebut, mengingat semua poster milik finalis lainnya juga sangat menarik. Menurutnya, itu semua berkat karunia Allah, kemudian kerja keras dan doa dari keluarga dan teman-teman.

Baca Juga :   Mahasiswa Untad yang Akan Kuliah Sementara di Unhas dapat Langsung ke Unhas

“Saya sempat down saat melihat semua poster yang lolos sebagai finalis. Karena semuanya sangat menarik dan beberapa poster butuh keterampilan desain grafis yang tinggi. Tapi alhamdulillah, ini semua karena Allah kemudian bantuan yang diberikan oleh partner saya, Nisa, akhirnya kami bisa mendapat juara di lomba ini,” ujarnya.

Annisa Aizani Umar selaku pasangan dari Nur Fitrah Amalia juga menambahkan bahwa prestasi yang diperoleh ini tidak lepas dari doa dari orang tua mereka, dukungan dan bimbingan dari dosen pendamping yaitu Muhammad Rachmat, S.KM, M.Kes. Pendamping merupakan dosen di Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) FKM Unhas sangat membantu dalam mengoreksi mulai dari desain hingga persiapan presentasi di Unair.
Terakhir, Fitrah dan Annisa berharap semoga bisa lebih mengasah kemampuannya di bidang desain grafis dan lebih sering mengikuti lomba-lomba lainnya. Semoga dengan prestasi ini bisa memotivasi teman-teman lain di FKM Unhas untuk terus berprestasi di tingkat nasional dan internasional, serta berani untuk berkarya sesuai dengan minat dan keahliannya masing-masing.

Baca Juga :   FKM Unhas Jalin Riset Kerjasama Internasional dengan Universitas Ternama di Empat Negara

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, PhD menyampaikan selamat kepada mahasiswa-mahasiswa yang terus mencatat prestasi pada berbagai even nasional. Ini juga tidak terlepas dari dukungan pimpinan fakultas.(*)

Reporter: Ibhel