Cegah KDRT dan Perceraian, Kemenag Bone Gelar Bimbingan Perkawinan Pranikah

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Bone, Dr H Wahyuddin Hakim MHum membuka kegiatan Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Pasangan Calon Pengantin Angkatan XVIII, di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Bone, Senin (7/10) hingga Selasa (8/10/2019).

Bimbingan Pranikah tersebut diikuti 25 pasangan calon pengantin utusan dari KUA Kecamatan Tonra, Ponre, Tellu Siattinge, Tanete Riattang Barat, Ulaweng dan Ajangale.

Selama kegiatan, peserta dibekali materi sebagai pengantar menciptakan landasan rumah tangga yang kuat. Diantaranya, materi tentang kebijakan pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah, persiapan keluarga sakinah, menjaga kesehatan reproduksi keluarga, dan mempersiapkan generasi berkualitas.

Menurut Dr H Wahyuddin, tujuan kegiatan bimbingan perkawinan pranikah adalah sebagai upaya pemerintah dalam menekan angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang berujung perceraian.

“Perkawinan rentang dengan kekerasan. Makanya, melalui kegiatan ini diupayakan peserta dapat mencegah terjadinya KDRT dan memahami mekanisme dalam berumah tangga,” kata H Wahyuddin.

“Makanya jangan hanya membayangkan yang indah saja, tapi bayangkan juga bagaimana KDRT, sehingga ada persiapan mental dan mencegahnya,” tambahnya.

Baca Juga :   Air PDAM Tak Mengalir, Kepsek SD 27: Kami Hanya Bayar Angin

Kakan Kemenag Bone berharap, melalui kegiatan tersebut, para peserta tidak hanya sekedar ingin memperoleh sertifikat, tapi yang jauh lebih penting berniat untuk ibadah karena Allah Swt dan memperoleh ilmu keruamah tanggaan.

Reporter: Abustan