Departemen K3 FKM Unhas Sukses Gelar Seminar Nasional K3

Penandatanganan MoU antara FKM Unhas dengan LPSK31.[Foto:/Ist.]
Penandatanganan MoU antara FKM Unhas dengan LPSK31.[Foto:/Ist.]

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar Seminar Nasional K3 dengan tema “Penguatan Budaya dan Penerapan Kepemimpinan K3 dalam Meningkatkan Produktivitas dan Stabilitas Ekonomi Nasional” di Auditorium Prof Amiruddin Fakultas Kedokteran Unhas, Selasa 19 Februari 2019.

Seminar nasional tersebut dilakukan sebagai salah satu wujud memperingati bulan K3 Nasional Tahun 2019. “Kegiatan ini telah dipersiapkan kurang lebih dua bulan lamanya,” tutur Ketua Panitia, Dr Lalu Muhammad SKM, M Kes.

Ketua Departemen K3, dr M Furqoon Naiem, M Sc., Ph D., mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu langkah dalam pengembangan Departemen K3 kedepannya.

Pada kesempatan yang sama, Dr Atjo Wahyu, SKM, M Kes., selaku Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya FKM Unhas mengharapkan agar kegiatan ini dapat menjadi reguler atau dilakukan setiap tahunnya sehingga ilmu yang diperoleh dapat ter-update secara terus-menerus.

Seminar ini dihadiri oleh pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya yakni, Kementerian Ketenagakerjaan RI (dalam hal ini diwakili oleh  Dr Sudi Astono, MS); Ketua LPSK3I, dr Zulmiar Yanri, Sp Ok., Ph D;  Dr dr Hj Syamsiar Russeng, MS selaku Dosen dan Pakar K3 serta Yahya Thamrin, SKM. M Kes., MOHS, Ph D selaku moderator.

Baca Juga :   Yayasan Hadji Kalla Gandeng FKM Unhas Adakan Program Kampung Sehat

Selain itu, seminar ini dihadiri kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari perwakilan dari Instansi Se-Sulawesi Selatan dan Kaltim, dosen dan mahasiswa S1, S2, serta Alumni FKM Unhas.

Dalam rangkaian acara seminar ini, juga dilakukan penandatanganan MoU antara FKM Unhas dengan LPSK31, serta presentasi oral dari 13 tim penulis yang terdaftar untuk kemudian diprosiding, dan diterbitkan pada Jurnal Ilmiah Kesehatan Maritim Indonesia (JKMI).(*)