Desa Pao-Pao, Desa Pertama Terapkan Pelayanan Berbasis IT

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Bupati Barru Suardi Saleh melaunching Pelayanan System Informasi Administrasi Pelayanan Berbasis IT (SIAP Digital) Desa Pao- Pao Kecamatan Tanete Rilau, Kab. Barru di Kantor Desa Pao-pao, Selasa, 16/4/19.

Desa Pao- Pao adalah desa  yang pertama menerapkan sistem pelayanan berbasis IT ini di Kabupaten Barru. Sistem ini merupakan inovasi pemerintah Desa Pao-Pao sebagai bentuk pemberian layanan kepada masyarakat secara cepat dan tepat, sehingga masyarakat tidak lagi bergerak namun mendapat pelayanan sesuai yang dibutuhkannya.

Kepala Desa Pao- Pao Syamsul Bahri SE memaparkan tujuan sistem ini dihadapan Bupati Barru Suardi Saleh dan sejumlah undangan yang hadir. “Sistem ini merupakan tuntutan masyarakat di era modern dalam memperoleh pelayanan prima karena jaman serba tekhnogi,” urai Syamsul Bahri.

Syamsul Bahri menjelaskan kalau penerapan aplikasi ini, membuat masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor desa bila ingin mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhannya, “Masyarakat tinggal menelpon saja pada nomor kontak aplikasi yang sudah disiapkan maka operator telah menjawab dan bekerja sesuai permintaan warga,” jelasnya.

Baca Juga :   Dinilai Sehat, Bupati Barru Apresiasi RAT KP-RI Handayani Tanete Rilau

Selain mudah dan cepat tambah Syamsul Bahri, setelah selesai akan diantar kerumah warga secara gratis oleh aparat desa atau RT karena RT telah dibekali motor dinas. Adapun jenis bentuk pelayanan yang diperoleh pada sistem aplikasi SIAP digital ini adalah, Administrasi kependudukan, Administrasi nikah, Administrasi Umum, Pertanahan dan PBB-P2.

Bupati Barru Suardi Saleh sangat mengapresiasi bentuk inovasi yang dilakukan pemerintah Desa Pao-Pao dalam memberikan layanan kepada masyarakatnya dengan penerapan aplikasi SIAP digital yang dapat bermuara pada peningkatan kualitas layanan.

“Kami sangat kagum atas inovasi ini, semoga desa dan kelurahan juga dapat berinovasi bahkan bisa mencontoh system ini yang dapat singkrong dengan data IT Kabupaten,” harap Suardi Saleh.

Bupati Barru Suardi Saleh bersama Camat Tanete Rilau, Muh Hudri, Kapolsek dan Danramil Tanete Rilau serta para undangan juga menyaksikan uji coba penerapan aplikasi SIAP digital ini, ketika salah seorang warga Desa Pao-pao menelpon untuk dibuatkan surat pengantar pembuatan KTP dan ternyata hanya 1 menit surat tersebut telah selesai.

Baca Juga :   Persakmi Sulsel Gelar Pelatihan Amdal Dasar

Reporter: Rustam