Dosen FKM Unhas Beri Edukasi Pentingnya Kesehatan dalam Tinjauan Islam

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Memperingati Dies Natalis FKM Unhas,  seluruh sivitas akademika mengadakan pengabdian masyarakat di Pulau Kodingareng. Pada kegiatan tersebut Dosen Fakultas Masyarakat pun turut mengambil andil dalam kegiatan ini.

Salah satu kegiatan yang menarik yaitu, edukasi pentingnya kesehatan dalam tinjauan Islami. Salah satu pemateri pada kegiatan ini yaitu, Prof Stang. Kegiatan berlangsung di Masjid Ar Riddha Kelurahan Tanah Ujung, Pulau Kodingareng

Pada materi pertama yang disampaikan oleh Prof stang, menekankan bahwa keterkaitan kesehatan dengan ajaran Islam itu sangat erat.

Sebagai contoh pentingnya membuang sampah pada tempatnya, dalam tinjauan kesehatan jelas ini bagian yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan individu ataupun masyarakat karena sampah sebagai tempat sarang tumbuh dan berkembangnya penyakit-penyakit.

“Adapun dalam tinjauan Islam, dikatakan dalam ayat Alquran bahwa Allah menyukai keindahan dan perkataan para salaf juga menyampaikan bahwa kebersihan itu bagian daripada keimanan sehingga hal ini sangat erat antra keduanya,” terang Prof stang.

Adapun pemateri kedua disampaikan oleh dr Muhsen Sarake.

Baca Juga :   Mahasiswa PGSD UNM Kunjungan Wisata Kebudayaan di Polewali Mandar

Ia kembali menekankan bahwa kemaksiatan itu erat demgan meningkatnya penyakit-penyakit. Baik penyakit infeksius maupun penyakit tidak menular melalui minuman keras dan perzinahan.

“Jelas bajwa kedua hal tersebut adalah hal yang tercela dalam tinjauan Islam,” ucap Muhsen. (FP/Rls)