Dosen Unibos Bantu Pengembangan Agrowisata di Desa Pao

Proses pembuatan kue cucuru manis

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Sebagai salah satu program pengabdian masyarakat pada program Desa Mitra, Dosen Universitas Bosowa (Unibos) Fakultas Ekonomi Indrayani Nur,  SE,  M. Si (Ketua Tim) dan Dosen Fakultas Teknik Dr Syafri,  ST.,  M Si., bantu masyarakat Desa Pao, Kabupaten Gowa untuk pengembangan agrowisata, Minggu, 25 Agustus 2019.

Dalam kegiatan ini, tahapan pertama yang dilakukan tim dosen Unibos yaitu memberikan pendampingan kepada masyarakat setempat tentang sistem pengelolaan potensi agrowisata untuk dipadukan dengan pemasaran antara tempat wisata dan hasil pertanian yang ada di sekitar lokasi tersebut.

Hal ini tiada lain ditujukan untuk pengenalan tempat wisata yang lebih tertata dan terkendali juga demi meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Pemberian bantuan alat dapur untuk meningkatkan produksi kue cucuru manis

“Pelatihan dan pendampingan pengembangan agrowisata di Desa Pao ini memang kami tujukan kepada bagian pengelola tempat dan para petani sayuran di daerah tersebut. Ini kita lakukan agar masyarakat memiliki kesadaran terhadap potensi daerah yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang bisa menghasilkan pemasukan bagi perekonomian mereka,” tutur Indrayani Nur, SE., M Si.

Baca Juga :   Rektor Universitas Pepabari Makassar Lantik Sejumlah Pejabat Struktural

“Salah satu hasil pertanian yang kami bantu kembangkan untuk menjadi ciri khas agrowisata ini adalah pembuatan produk selai tomat dan kue tradisional cucur manis. Kami juga memberi bantuan kepada ibu-ibu pengelola kue cucuru manis berupa alat masak yang mendukung produksi kue,” tambahnya.

Kepala Desa Pao, Muh Basri mengungkapkan, Pelaksanaan kegiatan ini tentunya membawa manfaat yang besar dalam pengembangan kepariwisataan di desa Pao. Karena tidak hanya penataan lokasi, kami pun sadar bahwa masih banyak potensi daerah yang belum termanfaatkan dengan baik. Sehingga pendampingan yang dilakukan dosen Unibos tentunya sangat membantu masyarakat kami bisa meningkatkan pemasukan dalam ekonomi keluarganya,” katanya. (FP/Rls)