FKIP Unismuh Makassar Jamin Lulusannya Diterima Masyarakat Global

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah (FKIP Unismuh) Makassar, Erwin Akib menjamin lulusannya dapat bersaing dalam dunia global.

“Hendaknya lulusan FKIP jangan pernah berkecil hati karena dimanapun nantinya ketika anda selesai anda akan tetap dibutuhkan masyarakat,” ujarnya saat menjadi dosen tamu di FKIP Universitas Muhammadiyah Kalimantan timur (UMKT), Selasa (5/2/2018).

Untuk diterima di tataran masyarakat dan persaingan global, kata dia, harus mengimplementasikan pendekatan Critical Thinking, Communicative Competence, Creative dan Collaboration atau 4C sebagai modal untuk masuk dalam dunia global termasuk dalam dunia usaha.

“Critical Thinking, seorang alumni FKIP harus memiliki kemampuan dalam merumuskan permasalahan hingga mampu untuk melakukan evaluasi dari setiap apa yang dilakukan,” tambahnya.

Lanjutnya Communicative Competence dimaksudkan alumni FKIP tentu harus dibekali dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan itu dilakukan dengan penguasaan bahasa Asing sehingga bisa membaca peluang peluang yang ada di dunia global ini.

Sementara, Creative, diharapkan alumni mampu untuk menciptakan produk yang lebih unik dan lebih berbeda dibanding dengan apa yang ada saat ini.

Baca Juga :   Mahasiswa P2K FKIP Unismuh Gelar Seminar Kemasyarakatan

Lebih jauh dia menekankan alumni FKIP mampu berinteraksi dan berkolaborasi dengan pihak lain sehingga dapat menemukan peluang peluang yang memungkinkan untuk mengkreasikan produk yang dapat dipasarkan dan dapat diterima ditengah masyarakat.

“Sisi Collaboration itu juga penting,” tegasnya.

Sekedar diketahui, antara FKIP Unismuh Makassar dan FKIP UMKT telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU), bentuk implementasi MoU tersebut adalah diadakannya kuliah pakar atau kuliah tamu.
(Irsal)