FKM Unhas Gelar Lomba MTQ dalam Rangka MTQMN di Banda Aceh

Lomba MTQ tingkat fakultas di FKM Unhas.[Foto:/Ist.]
Lomba MTQ tingkat fakultas di FKM Unhas.[Foto:/Ist.]

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) serius mempersiapkan mahasiswanya untuk mengikuti lomba Musahabaqah Tilwatil Qur’an (MTQ) tingkat universitas dan diharapkan dapat bersaing pada tingkat nasional yang dijadwalkan pada bulan Juli sampai Agustus 2019 menandatang.

Lomba MTQ tingkat fakultas ini diselenggarakan Jumat-Sabtu, 12-13 April 2019 mengangkat tema, “MTQ Sebagai Penguat Uswatun Hasanah Islamiyah dalam Membentuk Generasi Muda Qur’an Menuju Indonesia Baldatun Thayyibatin Wa Rabbun Ghafur”.

Menurut panitia MTQ, Riswan, kegiatan ini banyak melibatkan mahasiswa dari Pengurus Mushallah Lembaga Dakwah Al-Afiyah dalam mempersiapkan kegiatan ini.

“MTQ ini merupakan salah satu wadah mahasiswa, sebagai generasi penerus masa depan bangsa, merupakan Sumber Daya Manusia yang perlu ditempa dengan baik dan serius, tidak hanya sebatas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologinya, akan tetapi juga pengembangan karakter dan kepribadiannya,” jelas Riswan.

Proses pendaftaran dan sosialisasi Lomba MTQ Tingkat Fakultas Kesehatan Masyarakat dilaksanakan mulai tanggal 29 Maret- 12 April 2019.

Terdapat beberapa Item yang dilombakan yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartil Quran, Musabaqah Hifdzhil Qur’an, Musabaqah Fahmi Qur’an, Musabaqah Syahril Qur’an, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an yang di ikuti peserta Laki-laki dan perempuan dengan jumlah peserta 24 orang.

Baca Juga :   Kantongi Akreditas Internasional, FKM Unhas Didukung Dirikan Pendidikan Profesi Kesehatan Masyarakat

Peserta lomba berasal dari berbagai angkatan dan jurusan diantaranya, utusan mahasiswa Manajemen Rumah Sakit, Gizi, Biostatistik dan Kependudukan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Pada umumnya peserta merupakan mahasiswa angkatan 2017 dan angkatan 2018. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut yang dapat ditandai dengan keaktifan mahasiswa yang terlibat.

Adapun Dewan Juri dari lomba tersebut yaitu, Prof Dr Saifuddin Sirajuddin, MS; Dr Erniwati Ibrahim, SKM., M Kes; Dr Agus Bintara Birawida, S Kel., M Kes; Muhammad Rachmat, SKM., M Kes; dan Muh Fajaruddin Natsir, SKM., M.Kes.

Berdasarkan penilaian dewan juri, yang berhasil meraih juara untuk Musabaqah Tartil Quran juara 1 adalah Sri Mulyani, juara 2 Leli Pardalita dan juara 3 Nurul Hikmah. Sementara lomba Musabaqah Tilawatil Quran, Sri Mulyani kembali juara 1, Nurul Hikmah juara 2 dan Luthfiah Aisyah Hamsah juara 3.

Musabaqah Syarhil Quran hanya diikuti oleh satu tim yaitu Aulia Annisa, Tenti Fajrah Ihsani dan Sri Mulyani. Setiap peserta dapat mengikuti lebih dari 1 jenis lomba. Ini adalah penampilan untuk regu putri sementara sampai diturunkan berita ini belum ada informasi dari lomba yang diikuti oleh mahasiswa putra.

Baca Juga :   FKM Unhas Mendapat Bantuan Bus Dari Kementerian Perhubungan

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi, SKM., M Kes., MSc.PH, PhD yang dihubungi secara terpisah mengatakan, sangat senang dan mengapresiasi keterlibatan dan antusias dari mahasiswa, demikian pula panitia dan dewan juri.

“Karena itu kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kesuksesan kegiatan ini. Mahasiswa yang mengikuti lomba MTQ tingkat fakultas ini selanjutnya akan mengikuti lomba tingkat universitas yang dijadwalkan pada tanggal 23-25 April 2019. Kami berharap bahwa kegiatan ini menjadi agenda tahunan dan kalau perlu dapat diselenggarakan lomba MTQ tingkat nasional terutama di kalangan para mahasiswa dan institusi kesehatan masyarakat di Indonesia,” ungkap Prof Sukri.(*)