FKM Unhas Kembangkan Digitalisasi PBL

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin menggelar Lokakarya Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di Hotel Maxone Makassar, 12-13 Juni 2019.

Menurut Ketua Pengelola PBL FKM Unhas, Dr Syamsuar Manyullei SKM MKes MSc PH dalam laporannya menyampaikan bahwa lokakarya yang kita lakukan ini adalah tindak lanjut dari proses kegiatan yang dilakukan di fakultas.

Ada dua agenda secara garis besar dalam kegiatan ini yaitu lokakarya PBL itu sendiri, dan mendiskusikan mengenai paper dari PBL sebelumnya untuk disbumit pada jurnal terindeks Scopus.

Diharapkan lokakarya ini menghasilkan konsep baru dimana rencana pelaksanaan PBL 1 akan dilaksanakan di Kecamatan Polongbangkeng Utara, 17-30 Juni 2019.

Dekan FKM Unhas, yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi, Ansariadi SKM MSc PH PhD, dalam sambutan beliau memaparkan bahwa hari ini adalah kegiatan puncak dari draft pelaksanaan PBL yang telah disusun sejak Januari 2019 kemarin. “PBL ini adalah salah satu ikon publik health yang memberikan penguatan dalam hal kompetensi mahasiswa kita. Apa yang baru dari PBL ini dengan PBL sebelum-sebelumnya itu adalah hal yang menjadi hal penting. Paling tidak saat ini dikembangkan digitalisasi kuesioner, dan laporan rutin dan ini merupakan inovasi. Perubahan lain juga adalah telah kita revisi kuesioner dan sistem pengambilan data di lapangan.”

Baca Juga :   Ratusan Mahasiswa ADik Papua Ikuti Pembekalan Bela Negara

Berdasarkan agenda beberapa materi yang akan dibahas lebih jauh dari lokakarya tersebut. Hari pertama, fokus pada sharing session dengan stakeholder yaitu Kepala Dinas Kesehatan dan pemerintah daerah Kabupaten Takalar dan Kabupaten Jeneponto; perumusan konsep PBL, panduan mahasiswa kelas reguler dan kelas internasional dan perumusan revisi alat ukur. Selanjutnya pada hari kedua akan fokus pada briefing akhir oleh para pengelola dan ketua kelompok.

Peserta yang hadir dalam lokakarya tersebut sekitar 40 orang yang terdiri dari unsur pimpinan fakultas, ketua dan sekretaris departemen, satgas, pengelola PBL, unsur mahasiswa dan para stakeholder. (*)