FKM Unhas Siap Buka Magister Administrasi Rumah Sakit

Foto bersama setelah dilakukannya visitasi oleh LAM PTKes.[Foto:/Ist]
Foto bersama setelah dilakukannya visitasi oleh LAM PTKes.[Foto:/Ist]

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) divisitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes). Hal ini dilakukan karena usulan pembukaan Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS). Pembukaan program studi ini berarti FKM Unhas telah siap menjadi pusat pembelajaran administrasi rumah sakit di kawasan Indonesia Timur.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Hasanuddin, Prof Dr Ir Muhammad Restu, M P. yang sekaligus membuka acara dengan resmi. Dalam acara ini turut hadir Tim Assesor LAM-PTKes, Dr Dumilah Ayuningtyas, MARS dan Dr dr S A Nugraheni, MKes.

Dalam pembukaan acara tersebut, Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin Syam, SKM., MKes., M Med Ed. mengemukaan bahwa usulan dibukanya program studi magister administrasi rumah sakit disambut positif oleh berbagai kalangan. “Oleh karena itu, diperlukan sinergi yang kuat dari berbagai pihak agar program studi magister administrasi rumah sakit dapat dijalankan dan menghasilkan alumni yang terbaik,” kata Aminuddin.

Dr Aminuddin juga mengemukakan bahwa MARS ini bukan hal yang baru di FKM Unhas, karena telah ada departemen Manajemen Rumah Sakit yang selama ini mengelola S1 Kesmas Peminatan MRS dan S2 Kesmas Konsentarsi Administrasi Rumah Sakit. “Hal ini berarti FKM Unhas telah siap dari semua sumber daya yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Banyaknya rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia khususnya di kawasan Indonesia timur, baik rumah sakit pemerintah ataupun rumah sakit swasta menjadi salah satu alasan bahwa diperlukan alumni-alumni yang kompeten di bidang administrasi rumah sakit. “Dengan demikan kita berharap RS dapat menjalankan tugas dan fungsi rumah sakit sebagaimana mestinya,” harapnya.

Sementara itu, ketua Departemen Manajemen Rumah Sakit FKM Unhas, Dr Syahrir A Pasinringi M S. dalam presentasinya mengatakan program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit FKM Unhas akan menerima mahasiswa dari berbagai latar belakang ilmu kesehatan. “Kita akan menerima 30 mahasiswa saja,” jawabnya.

Sebelum acara visitasi program studi magister administrasi rumah sakit digelar, Tim Assesor LAM-PTKES Dr Dumilah Ayuningtyas, MARS dan Dr dr S A Nugraheni, MKes., melakukan  kunjungan di rumah sakit pendidikan universitas hasanuddin dan di fakultas kesehatan masyarakat.

Dr Syahrir juga menegaskan bahwa Unhas memiliki rumah sakit pendidikan, dimana keterlibatan tim berlatar belakang kesehatan masyarakat sangat besar dibandingkan di rumah sakit pendidikan lainnya. “Itu berarti bahwa FKM Unhas telah menunjukkan eksistensinya dalam hal perumahsakitan,” ucapnya.

Visitasi ini juga dihadiri oleh para Wakil Dekan FKM Unhas, Ketua Gugus Penjaminan Mutu, Dr Hasanuddin Ishak; Direktur Pendidikan Unhas, Dr Ida Leida; sejumlah guru besar; para dosen; tenaga kependidikan dan mahasiswa. Visitasi ditutup dengan pembacaan rekomendasi dari asesor LAM PTKes dan serah terima berita acara.(Rls)

 

Editor: Ibhel