Hadapi PON 2020, Ini Strategi KONI Sulsel

Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Selatan, Ellong Tjandra saat berkunjung ke Media Center Porda Sulsel XVI di Pinrang, Jumat (28/9).

Pinrang, fajarpendidikan.co.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Selatan sudah menyiapkan strategi menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar 2 tahun mendatang. Program yang diluncurkan, yakni Sulsel PRIMA.

Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Selatan, Ellong Tjandra mengungkapkan hal tersebut saat menyambangi Media Center Porda Sulsel XVI di Pinrang, Jumat sore (28/9). Ketua KONI Sulsel didampingi Wakil Ketua II, Prof Dr Musakkir.

Ellong mengungkapkan, Program Sulsel PRIMA adalah usaha dalam rangka mendulang atlet dan wasit guna mendapatkan yang terbaik untuk diboyong mewakili Sulsel pada PON Papua, 2020 mendatang. Program ini akan dimulai dengan meminta perwakilan 24 cabor untuk mengirim atlet dan wasit guna dilakukan tes yang terdiri dari 4 tahapan.

Tahapan tersebut di antaranya tes fisik, psikologi, tes kesehatan dan tes wawancara. Dari tes ini nantinya akan tersaring atlet dan wasit berprestasi yang digolongkan ke dalam beberapa kategori.

Kategori tersebut diklasifikasikan terhadap perolehan medali mereka sebelumnya, yakni Kategori Madya (Peraih medali perak PON dan emas Kejurnas), Pratama (Peraih medali perunggu PON dan perak Kejurnas) dan Atlet Potensial (Peraih medali emas Porda dan perunggu Kejurnas).

Hasil pengkategorian ini, kata Musakkir, akan bertambah seiring banyaknya atlet yang meraih medali pada Porda XVI yang tengah berlangsung di Pinrang. (SR1)