Ini Cara Dinas Sosial Barru Terampilkan Anak Telantar

Barru, – FAJARPENDIDIKAN.co.id – Setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru yang di perakarsai Dinas Sosial (Dinsos) Barru berhasil mengaplikasikan berbagai program penentasan kemiskinan terhadap masyarakat Barru, kini Dinsos Barru melalui Bidang dan Seksi Rehabilitasi Sosial Anak Dan Lansia kembali menggelar program dalam bentuk kursus membuat Roti dengan melibatkan Anak terlantar di Aulah Kantor Dinsos Barru, Jl. HM Saleh Lawa, Kelurahan Sumpang Binangae Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, pada hari Selasa 19 November 2018.

Dari pantauan wartwan FAJARPENDIDIKAN.co.id, kegiatan tersebut di buka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kab.Barru Andi Makmun Aksa SE, M,Si didampingi Kabid Dra, Hj. Hasnah dan Kasi RSADL Dinsos Barru Rysma Rahayu SKM.M, Kes.sebagai pembina dan pelaksana kegiatan, serta para peserta hasil seleksi TKSK dan Karang Taruna tingkat Kelurahan/Desa dari Tujuh Kecamatan se- Kabupaten Barru.

Diketahui dari Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Hj.Hasnah melalui pembimbing Kursus Rysma, menyampaikan bahwa Kegiatan tersebut dilaksanakan khusus terhadap anak terlantar/ putus Sekolah dengan cara membina dengan ketrampilan dalam bentuk kursus membuat berbagai jenis roti, ” kegiatan ini kami laksanakan selama 10 hari, ditempat ini juga kami sengaja kita datangkan ahli pembuat roti dari Gabba untuk membina anak-anak kita agar nantinya mereka dapat lebih terampil membuat berbagai jenis roti “,ujar Risma.

Selain itu  lanjut Risma, menambahkan bahwa,” kami juga akan membekali mereka dengan berbagai fasilitas peralatan pembuatan roti seperti, mixer, oven, Gekas Ukur, Rolling PinSerapper Dough (Pemotong), Pipping Bag, Mangkuk, Timbangan Kue, panci dan Loyang sesuai kebutuhan peralatan produk roti yang akan digeluti mereka nantinya, agar mereka dapat mengaplikasikan hasil dari kegiatan kita ini untuk menunjang kebutuhan hidup mereka sekeluarga ditengah-tengah masyarakat nantinya”, terang Risma.

Sesaat sebelum Kadis Sosial Andi Makmun membuka kegiatan, Ia (Kadis) sangat mengapresiasi animo kehadiran para peserta yang di utus TKSK dari berbagai penjuru se- kabupaten Barru,” kami sangat antusias melihat minat para peserta untuk menghadiri kegiatan kita ini, mereka akan kami bimbing, bina dan pasilitasi mulai dari uang saku serta berbagai kebutuhannya secara geratis selama sepuluh hari ditempat kita ini”, ungkap mantan Kadis Koperindag Barru itu.

Andi Makmun juga berharap selepas mereka mengikuti kursus yang digelar Dinas yang di nahkodainya itu,” harapan kami agar para anak-anak binaan kita ini nantinya, dapat hidup lebih mapan, mandiri dan menghidupi keluarga dari hasil keterampilannya sebagai pengusaha roti di tempat tinggal mereka masing-masing”, pungkasnya.

Reporter: Abd Latif Ahmad