Jangan Dibuang, Ini Manfaat Minum Air Beras

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Air cucian beras biasanya dibuang begitu saja. Tapi tahukah kamu, kalau air cucian beras punya kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh? Ini juga yang membuat orang zaman dahulu akhirnya memanfaatkan air cucian beras sebagai pengganti susu.

Nah, dalam secangkir alternatif populer untuk susu ini mengandung; sekitar 3 gram lemak, 22 gram karbohidrat, 120 kalori, dan kurang dari segram protein. Minuman yang juga disebut rice milk ini menjadi alternatif susu bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu sapi, hingga susu kacang-kacangan.

Dalam penyajiannya, air cucian beras tidak lantas diminum begitu saja, melainkan direbus terlebih dahulu. Dibandingkan dengan susu sapi, rice milk memiliki warna lebih bening cenderung keruh, tidak creamy, dan hambar. Maka dari itu, untuk menambah rasa biasanya air beras ditambahkan sedikit gula.

Lalu, apa saja manfaat meminum air beras?

1. Mengurangi kolesterol 

Mengutip dari buku Fiber Ingredients: Food Applicationsand Health Benefits, rice milktak mengandung kolesterol sehingga aman dikonsumsi bagi mereka yang punya kolesterol tinggi. Di sisi lain, minuman ini dapat menurunkan risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Baca Juga :   Ternyata! Ini Tips Ampuh Melatih Kemampuan Anak dalam Mengatur Waktu

2. Meningkatkan kepadatan tulang 

Ilustrasi tulang sehat

Menurut The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2009, air atau susu beras mengandung mineral; seperti kalsium, vitamin D, zat besi, dan magnesium.

Kandungan tersebut tentunya dibutuhkan untuk kepadatan dan kesehatan tulang. Makanya, meminum susu beras bisa membantu menurunkan risiko penyakit tulang; seperti osteoporosis terutama saat menjelang pertambahan usia.

3. Melancarkan pencernaan

Usus besar dan saluran pencernaan manusia.

Salah satu penelitian dalam Alimentary Pharmacology and Therapeutics tahun 2007, menemukan bahwa air beras tak mengandung banyak laktosa sehingga lebih mudah dicerna. Selain itu, kandungan yang kurang tersebut juga meningkatkan bakteri baik di usus, dan melindunginya dari gejala infeksi atau gangguan pencernaan lainnya; seperti diare atau sembelit.

4. Mengurangi demam

Ilustrasi wanita sakit dan demam.

Ketika kamu terkena demam, suhu tubuh otomatis akan meningkat. Untuk menormalkan suhu tubuh, kamu bisa coba mengonsumsi air beras di pagi hari. Air beras juga bisa berfungsi untuk mengganti nutrisi yang hilang, dan mencegah tubuh kekurangan cairan. Kamu pun bisa cepat sembuh, deh!

5. Dijadikan skin care

Baca Juga :   Jangan Dikupas! Kulit Ubi Jalar Punya Banyak Khasiat, lho
Manfaat air beras untuk kecantikan.

Sudah banyak orang percaya bahwa air beras bisa digunakan sebagai skin care alami. Terdapat kandungan antioksidan dan asam dalam air beras yang membantu mengurangi keriput serta noda hitam akibat paparan sinar matahari.

Selain untuk kulit, air beras juga bisa dimanfaatkan guna membantu pertumbuhan rambut. Kandungan inositol yang ada dalam air beras terbukti memperkuat akar rambut, mencegah rambut bercabang, serta menjadikan rambut lebih sehat dan berkilau. (*)