KONI Sulsel Siapkan Atlet Sulsel Prima, Hadapi PON Papua

Ketua Umum Koni Sulsel, Ellong Tjandra [FOTO: Ahadri]

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan digelar di Papua 2020 mendatang. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel, resmi meluncurkan program proyeksi Sulsel Prima.

Ketua Umum KONI Sulsel, Ellong Tjandra mengatakan atlet yang sudah dinyatakan sebagai bagian dari Sulsel Prima, harus melewati proses penyeleksian yang sangat ketat.

Dia menjelaskan, atlet yang lolos Sulsel Prima belum tentu akan berlaga di pra PON Papua 2019 nanti. Lantaran program unggulan KONI Sulsel ini memiliki empat kelas.

“Jadi Sulsel Prima ini sistemnya promosi degradasi. Ada empat kategori di dalam yakni Utama, Madya, Pratama dan Potensial,” ungkapnya saat ditemui usai acara Launching Program Sulsel Prima, di Kantor KONI Sulsel, Kamis, 1 November 2018.

Lanjut Ellong , pembagian empat kelas ini, bertujuan agar kualitas atlet tidak kendor. Sehingga, para pegiat olahraga itu terus berlatih dan bersaing jelang Pra PON 2019 nanti.

“Khusus kelas Utama, itu kita proyeksikan untuk meraih emas. Sementara bagi Kelas Potensial harus berhati-hati. Sebab jika degradasi, maka akan keluar dari program Sulsel prima,” tegas Ellong.

Sementara itu, Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Sulsel, Prof Muzakkir menyebut sebanyak 211 atlet dan 48 pelatih dari 28 cabang olahraga (cabor) yang lolos bergabung dengan Sulsel Prima. Penjaringan ini dilakukan pada April lalu.

Meski begitu, khusus atlet, masih akan bertambah. “Kita akan data atlet yang meraih medali emas di Porda Pinrang lalu. Dan akan bergaung di Sulsel Prima,” pungkasnya.

Reporter : Ahadri