Koperasi Civitas Akademika Unibos Beralih Ke Koperasi Syariah

Sambutan Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu, M Eng., pada Rapat Anggota Tahunan Kocika 2019.[Foto:/Ist.]
Sambutan Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu, M Eng., pada Rapat Anggota Tahunan Kocika 2019.[Foto:/Ist.]

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Koperasi Civitas Akademika (Kocika) Universitas Bosowa (Unibos) gelar Rapat Anggota Tahunan 2019 di Auditorium Aksa Mahmud, Lantai 9 Gedung II unibos, Rabu 13 Februari 2019.

RAT yang dibuka oleh Rektor Unibos ini dihadiri jajaran pimpinan Unibos; Ketua Kocika Unibos, Dr Abd Haris Hamid; dan seluruh anggota Kocika Unibos.

Rapat yang digelar untuk evaluasi buku tahun sebelumnya, juga dirangkaikan dengan sosialisasi koperasi berbasis syariah yang dibawakan dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa, Dr Firman Menne yang memang memiliki bidang ilmu dalam ekonomi berbasis syariah.

Dalam pemaparan sosialisasi koperasi berbasis syariah, Dr Firman Menne menjelaskan beberapa perbedaan dengan koperasi seperti biasanya.

“Mungkin kurang lebih akan terlihat sama. Tetapi pada dasarnya hal yang berbasis syariah akan tetap berbeda dari segi proses, bagaimana kita melakukan pinjaman, pengembalian, pembelian, simpan pinjam, laporan, pengelolaan dan lain-lain. Tentunya dengan diterapkannya sistem ini akan menjauhkan dari riba dan manfaatnya pasti lebih besar. Sebab kita ingin mendorong sivitas akademika Unibos menjalankan kegiatan yang memang berlandaskan syariat agama Islam,” papar Firman Menne.

Baca Juga :   FH Unibos Gelar Seminar Produk Halal, Perlukah Perda?

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu, M Eng., berpesan kepada seluruh pengurus dan anggota agar tetap menjujung kejujuran dalam menjalankan unit tersebut.

“Yang dipentingkan itu adalah kejujuran dan tanggung jawab. Harus disiplin untuk melaksanakan hak dan kewajiban baik menjadi pengurus dan anggota. Kedepan kita juga sudah bicarakan jika Unibos bersama Founder Bosowa berencana mengadakan kompleks perumahan dosen Unibos dan tentunya Kocika Unibos akan berkecimpung didalamnya,” harap Rektor Unibos.

 

 

Reporter: Ibhel