Kuliah Tamu, FKM Unhas Hadirkan Guru Besar Ehime University Japan

Foto bersama usai kuliah tamu. [Foto:/Ist]
Foto bersama usai kuliah tamu. [Foto:/Ist]

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Kuliah tamu yang dilaksanakan pada hari Senin 26 November 2018 oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menghadirkan Prof Masayuki Sakakibara, PhD., yang merupakan guru besar dari Faculty of Collaborative Regional, Graduate School Of Science and Engineering, Ehine University, Japan.

Kuliah tamu tersebut yang dibuka oleh Dekan FKM Unhas yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Unhas, Prof Sukri Palutturi, PhD., ini dimoderatori oleh Basri Mahmud, SKM., MKes, PhD yang merupakan alumni FKM unhas yang baru saja menyelesaikan pendidikan S3 di Ehime University.

Dalam sambutannya, Prof Sukri mengatakan, kuliah tamu merupakan cara dalam menambah pengetahuan dan motivasi mahasiswa mengenai wawasan internasional dalam kajian tentang lingkungan.

“Kuliah tamu adalah salah satu sarana untuk menambah wawasan international mahasiswa, khususnya dalam kajian envrionmental pollution,” tutur Prof Sukri.

Sementara itu, Prof Masayuki Sakakibara, PhD., dalam pemaparan materinya menjelaskan, tingginya kontaminasi merkuri pada manusia dan binatang, juga pada beberapa kompartment lingkungan lain seperti tanah dan air.

“Sangat tinggi paparan merkuri pada manusia dan binatang,” terangnya.

Kuliah tamu tersebut diikuti oleh kurang lebih 100 mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan baik S1, S2 dan S3. Mahasiswa merespons materi dari narasumber dengan mengajukan ide dan gagasan serta pertanyaan dalam bahasa Inggris.

 

Reporter: Ibhel