Mahasiswa Departemen Epidemiologi FKM Unhas Gelar Seminar Akhir Magang

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kegiatan seminar akhir magang dilaksanakan oleh mahasiswa Departemen Epidemiologi pada tanggal 19 November 2019 di Ruangan K105 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas).

Kegiatan ini merupakan rangkaian program magang yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa.

Sebanyak 16 orang mahasiswa Departemen Epidemiologi telah melaksanakan kegiatan program magang di Dinas Kesehatan.

Mereka dibagi menjadi empat tim yang ditempatkan di Dinas Kesehatan kabupaten Maros, Dinas Kesehatan kabupaten Barru, Dinas Kesehatan kabupaten Gowa dan Dinas Kesehatan kabupaten Takalar.

Koordinator magang Indra Dwinata menyampaikan bahwa program magang ini pada dasarnya adalah kegiatan intrakurikuler yang berupa kegiatan belajar di lapangan.

“Jadi program magang ini dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada para mahasiswa dalam menggunakan aplikasi teori ke dalam praktek lapangan,” terang Indra.

Oleh karena itu, mahasiswa epidemiologi semester VI wajib mengikuti kegiatan magang selama satu bulan, yang telah dilaksanakan sejak tanggal 23 September – 21 Oktober 2019.

Seminar akhir magang dilaksanakan untuk memaparkan kegiatan – kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa selama di lokasi magang.

Baca Juga :   Hebat! Mahasiswi Prodi Akuntansi STIE YPUP Ikut Event International

“Dari seminar ini diperoleh informasi bahwa mahasiswa telah berperan aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, bahkan mereka dilibatkan untuk terjun ke lapangan dan berpartisipasi dalam kegiatan Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Kegiatan seminar ini dihadiri juga dosen Pembimbing Akademik Magang, yaitu Dr Wahiduddin, SKM., M Kes.,  Jumriani Ansar, SKM., M Kes., Indra Dwinata, SKM., M Kes., dan Andi Selvi Yusnitasari, SKM., M.Kes.

Pada bagian akhir kegiatan mahasiswa diminta untuk memberikan komentar dan saran terkait dengan pelaksanaan magang sehingga dapat menjadi referensi untuk pengembangan ke depannya. (FP/Rls)